SULISTYANINGRUM, DYAH AYU (2024) PENGARUH FITUR APLIKASI, KUALITAS LAYANAN, PEMBERIAN PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP TINGKAT TRANSAKSI PENGGUNAAN E-WALLET SEMENJAK ENDEMI COVID-19. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI FULLTEXT_142170041_Dyah Ayusulistyaningrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
2. COVER_142170041_Dyah Ayusulistyaningrum.pdf Download (127kB) |
|
Text
3. ABSTRAK_142170041_Dyah Ayusulistyaningrum.pdf Download (105kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN DAN BERITA ACARA_142170041_Dyah Ayusulistyaningrum.pdf Download (437kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI_142170041_Dyah Ayusulistyaningrum.pdf Download (203kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA_142170041_Dyah Ayusulistyaningrum.pdf Download (472kB) |
Abstract
xi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang variabel-
variabel yang mampu mempengaruhi tingkat transaksi penggunaan e-wallet melalui
pengujian kepada variabel fitur aplikasi, kualitas layanan, pemberian promosi, dan
citra merek. Transaksi e-wallet memanfaatkan teknologi seiring dengan perubahan
kebiasaan masyarakat yang gemar berbelanja online. Semenjak kepopuleran
e-wallet tahun 2016-2019, volume dan nominal transaksi e-money mengalami
persentase peningkatan yang besar. Namun, volume transaksi mengalami
penurunan pada tahun 2020 dan kembali mengalami peningkatan pada tahun
2021-2022, meskipun peningkatan tersebut tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.
Nominal transaksi pada tahun 2020-2022 secara konsiten mengalami peningkatan,
walaupun peningkatan tersebut tidak sebesar tahun 2017-2019. Transaksi e-wallet
juga telah membantu pencegahan penularan COVID-19, mendorong implementasi
sistem QRIS, dan mendukung penyaluran dana bantuan pemerintah pada Program
Kartu Prakerja. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan cara mengolah
data primer melalui pengisian kuesioner. Populasi penelitian ini adalah para
pengguna e-wallet di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengambil sampel
sebanyak 150 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilitas.
Analisis data mempergunakan uji regresi linier berganda, pengujian koefisien
determinasi, pengujian simultan F, dan pengujian parsial t. Hasil penelitian
memberikan kesimpulan bahwa tingkat transaksi penggunaan e-wallet dipengaruhi
oleh fitur aplikasi, pemberian promosi, dan citra merek secara parsial. Sementara
itu, tingkat transaksi penggunaan e-wallet tidak dipengaruhi oleh kualitas layanan.
Kata kunci: fitur, kualitas layanan, promosi, citra merek, transaksi, dan e-wallet
xii
ABSTRACT
This research aims to gain knowledge about the variables that can influence
the level of e-wallet usage transactions. E-wallet transaction utilize technology
along with changes in people’s habits who like to shop online. Since the popularity
of e-wallet in 2016-2019, volume and nominal value of e-money transaction have
experienced a big percentage increase. Volume transaction has decreased in 2020
and increased again in 2021-2022, although the increased was not as big as in
previous years. Nominal transaction consistently has increased in 2020-2022,
although the increase was not as big as in 2017-2019. E-wallet transaction have
helped prevent the transmission of COVID-19, encouraged the implementation of
QRIS system, and supported the distribution of aid funds for Pre-Employment Card
Program. This research applies quantitative method by processing primary data
from filling out the questionnaire. The population are e-wallet users in Daerah
Istimewa Yogyakarta by taking samples of 150 people. The sampling technique uses
nonprobability. Data analysis uses multiple linear regression testing,
determination coefficient testing, F testing, and t testing. The results concludes that
the level of e-wallet usage transactions is influenced partially by application
features, promotions, and brand image. Meanwhile, the level of e-wallet usage
transactions is not influenced by service quality.
Keywords: features, service quality, promotions, brand image, transaction, and e-
wallet.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | features, service quality, promotions, brand image, transaction, and e- wallet. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40862 |
Actions (login required)
View Item |