USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KAIN TENUN SONGKET DENGAN PENDEKATAN SEGMENTASI KONSUMEN (Studi Kasus Kain Tenun Songket)

AZZAHRA, DEVINA (2024) USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KAIN TENUN SONGKET DENGAN PENDEKATAN SEGMENTASI KONSUMEN (Studi Kasus Kain Tenun Songket). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_122200022_Devina Azzahra.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_122200022_Devina Azzahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_122200022_Devina Azzahra.pdf] Text
2. Cover_122200022_Devina Azzahra.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_122200022_Devina Azzahra.pdf] Text
3. Abstrak_122200022_Devina Azzahra.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_122200022_Devina Azzahra.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_122200022_Devina Azzahra.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_122200022_Devina Azzahra.pdf] Text
5. Daftar Isi_122200022_Devina Azzahra.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_122200022_Devina Azzahra.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_122200022_Devina Azzahra.pdf

Download (85kB)

Abstract

Upaya pelestarian tenun songket telah didukung oleh regulasi pemerintah
dan pengakuan internasional, namun tantangan utama tetap ada pada sisi
permintaan konsumen. Perbedaan preferensi antara generasi muda dan tua menjadi
salah satu kendala utama. Generasi muda cenderung lebih menyukai desain yang
modern dan fungsional, sementara generasi tua lebih menghargai keaslian motif
dan teknik menenun tradisional. Selain itu, faktor harga yang relatif mahal akibat
proses produksi manual dan penggunaan bahan baku berkualitas tinggi juga
menjadi hambatan. Hal ini diperlukan strategi yang tepat dalam mengembangkan
produk kain tenun, agar eksistensinya tetap terjaga sebagai warisan budaya Oleh
karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengusulkan strategi pengembangan
produk kain tenun songket.
Strategi pengembangan produk kain tenun songket ini dilakukan dengan
mempertimbangkan preferensi atau kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam
menyelesaikan permasalahan tersebut digunakan pendekatan segmentasi
konsumen dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM)
untuk menganalisis hubungan antar variabel.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kriteria berperan sebagai
penghubung penuh (full mediation) antara variabel eksogen (pewarna, motif, dan
jenis bahan) dan ketertarikan konsumen. Variabel eksogen tidak berpengaruh
langsung terhadap ketertarikan konsumen, tetapi pengaruhnya dimediasi
sepenuhnya oleh kriteria, yang kemudian mempengaruhi ketertarikan konsumenn.
Menawarkan layanan kustomisasi di mana konsumen dapat memilih kombinasi
warna benang untuk desain mereka sendiri. Mengembangkan motif-motif alam
yang lebih modern dan kontemporer, namun tetap mempertahankan esensi
tradisional songket. Menciptakan pola daun atau bunga yang lebih abstrak atau
stilisasi bentuk-bentuk alam yang lebih minimalis. Mengadakan pelatihan yang
komprehensif untuk para pengrajin mengenai berbagai jenis bahan yang dapat
digunakan untuk tenun songket, termasuk karakteristik, kelebihan, kekurangan, dan
cara penggunaannya
Kata Kunci: Kain Tenun Songket, Segmentasi Konsumen, Structural Equation
Modeling (SEM)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kain Tenun Songket, Segmentasi Konsumen, Structural Equation Modeling (SEM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:53
Last Modified: 23 Aug 2024 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40805

Actions (login required)

View Item View Item