AZIS, DICKY GUNAWAN MUSTAFA (2024) ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI “ J&T CARGO ” TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE DELONE DAN MCLEAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULL_DICKYGUNAWAN_124170038.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER_DICKYGUNAWAN_124170038.pdf Download (140kB) |
|
Text
ABSTRAK_DICKYGUNAWAN_124170038.pdf Download (34kB) |
|
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING & PENGUJI_DICKYGUNAWAN_124170038.pdf Download (924kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_DICKYGUNAWAN_124170038.pdf Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_DICKYGUNAWAN_124170038.pdf Download (72kB) |
Abstract
J&T Cargo merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman terkemuka di
Indonesia yang terus berupaya meningkatkan layanan kepada pelanggannya. Namun, beberapa
pengguna aplikasi J&T Cargo menghadapi masalah terutama dalam hal cek resi dan pelacakan
(tracking) yang sering tidak berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kesuksesan aplikasi "J&T Cargo" terhadap kepuasan pengguna dengan menggunakan metode
DeLone dan McLean. Lingkup penelitian ini mencakup pengguna aplikasi J&T Cargo di
Yogyakarta. Metode DeLone dan McLean diterapkan dengan mempertimbangkan enam variabel:
kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan
manfaat bersih.
Data dikumpulkan melalui survei yang disebarkan kepada pengguna aplikasi J&T Cargo
di Yogyakarta. Analisis data dilakukan untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel
tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kepuasan pengguna memiliki
pengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi dan manfaat bersih yang diperoleh pengguna.
Di sisi lain, kualitas layanan dan kualitas sistem tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap
penggunaan dan kepuasan pengguna.
Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan penggunaan
aplikasi dan manfaat bersih yang diperoleh pengguna secara maksimal, J&T Cargo perlu fokus
pada peningkatan kualitas informasi dan menjaga tingkat kepuasan pengguna tetap tinggi. Upaya
untuk memperbaiki cek resi dan pelacakan yang sering mengalami masalah juga menjadi prioritas
penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Kata kunci: J&T Cargo, kepuasan pengguna, cek resi, tracking, DeLone dan McLean, kualitas
informasi, kualitas layanan, kualitas sistem, penggunaan, manfaat bersih,SEM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | J&T Cargo, kepuasan pengguna, cek resi, tracking, DeLone dan McLean, kualitas informasi, kualitas layanan, kualitas sistem, penggunaan, manfaat bersih,SEM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40407 |
Actions (login required)
View Item |