ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA LAYANAN JOGJAFOOD PADA APLIKASI MOBILE JOGJAKITA MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2

DIWANUJAN, MUHAMMAD RUBBEL LUTHFI (2024) ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA LAYANAN JOGJAFOOD PADA APLIKASI MOBILE JOGJAKITA MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 01. SKRIPSI 124170021.pdf] Text
01. SKRIPSI 124170021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 02. Cover.pdf] Text
02. Cover.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 03. Lembar Pengesahan.pdf] Text
03. Lembar Pengesahan.pdf

Download (976kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 05. Daftar isi.pdf] Text
05. Daftar isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 06. Daftar Pustaka.pdf] Text
06. Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)

Abstract

Dalam mewujudkan sebuah aplikasi yang baik, dilakukan sebuah evaluasi untuk
mengetahui kekurangan dan kelebihan pada Teknologi yang telah dijalankan pada
pengguna maupun organisasi. Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
(UTAUT2) merupakan salah satu model evaluasi yang dapat diterapkan untuk mengukur
kesuksesan penerimaan pengguna pada sebuah Teknologi. Variabel UTAUT2 yang
digunakan yaitu, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions,
Social Influence, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Behavioral Intention dan Use
Behavior, untuk variabel moderator yaitu Age, Gender, dan Experience.
Data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah data primer yang di peroleh dari
penyebaran kuesioner kepada para pengguna pada aplikasi JogjaKita yang berfokus pada
layanan JogjaFood, terdapat 113 data terbilang valid dari 133 pengguna yang berpartisipasi
menjawab kuesioner. Hasil kuesioner tersebut kemudian diolah menggunakan metode
kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS dan smartPLS. Pengujian yang dilakukan terdiri
dari Uji Normalitas, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji R-Square, Uji F-Square, Uji
Deskriptif, Uji Path Coefficient dan Uji T-statistic.
Dari enam belas Hipotesis yang di ajukan, lima diterima dan lainnya ditolak.
dikarenakan tidak semua variabel berpengaruh secara signifikan, maka Aplikasi JogjaKita
dapat dinyatakan kurang sukses dalam penerimaan pengguna, Faktor-faktor yang dapat
meningkatkan kesuksesan layanan JogjaFood adalah hedonic motivation, facilitating
condition, habit, dan intentional behavior.. Berdasarkan penelitian pada mobile JogjaKita
sebelumnya, penelitian ini menerapkan model UTAUT2 yang belum pernah dipakai untuk
menganalisis layanan JogjaFood, dimana model ini lebih fokus terhadap penerimaan
pengguna dan dapat mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan yang dapat
meningkatkan keberhasilan hubungan antar variabel layanan JogjaFood pada aplikasi
mobile JogjaKita.
Kata Kunci : UTAUT2, JogjaKita, SPSS, SmartPLS, Kuantitatif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UTAUT2, JogjaKita, SPSS, SmartPLS, Kuantitatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:55
Last Modified: 24 Jul 2024 06:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40394

Actions (login required)

View Item View Item