STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KUSUKA UBIKU DESA WIROKERTEN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

A’YUN, LUTHFIA QURROTA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KUSUKA UBIKU DESA WIROKERTEN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Fulltext SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf] Text
Fulltext SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Cover SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf] Text
Cover SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Abstrak SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf] Text
Abstrak SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Pengesahan SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf] Text
Pengesahan SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Daftar Isi SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf] Text
Daftar Isi SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf] Text
Daftar Pustaka SKRIPSI 135200028_Luthfia Qurrota A_yun.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan
eksternal pada usaha Kusuka Ubiku (2) menganalisis alternatif-alternatif strategi
dalam mengembangkan usaha Kusuka Ubiku (3) menganalisis pilihan strategi
terbaik dalam mengembangkan usaha Kusuka Ubiku. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif.
Responden yang digunakan merupakan satu orang pimpinan dan tiga orang
karyawan dari Kusuka Ubiku. Data yang digunakan yaitu data primer dan data
sekunder yang bersumber dari Kusuka Ubiku. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu matriks IFE, matriks EFE matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM.
Berdasarkan hasil penelitian, (1) faktor kekuatan tertinggi di Kusuka Ubiku yaitu
memasarkan produk di seluruh Indonesia, memiliki reseller, dan memiliki sertifikat
halal MUI serta izin P-IRT. Faktor kelemahan terendah yaitu tidak melakukan
pembukuan secara teratur. Faktor peluang tertinggi yaitu kebutuhan konsumen
terhadap produk tepung yang tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna serta
adanya kerja sama dengan kompetitor dalam memenuhi permintaan konsumen.
Faktor ancaman terendah yaitu cuaca Indonesia yang tidak menentu (2) alternatif�alternatif strategi yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha Kusuka Ubiku
yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, dan memaksimalkan
teknologi dan meningkatkan kinerja sumberdaya manusia (3) strategi terbaik yang
dapat digunakan untuk pengembangan usaha Kusuka Ubiku adalah
memaksimalkan teknologi dan meningkatkan kinerja sumberdaya manusia.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Tepung Olahan, Faktor
Internal dan Faktor Eksterna

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Tepung Olahan, Faktor Internal dan Faktor Eksternal
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:34
Last Modified: 24 Jul 2024 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40388

Actions (login required)

View Item View Item