PERANCANGAN KEMBALI DESAIN UI/UX WEBSITE MENGGUNAKAN METODE LEAN UX (STUDI KASUS : YESPLIS.COM)

Zakharia, Daffa Aulia (2024) PERANCANGAN KEMBALI DESAIN UI/UX WEBSITE MENGGUNAKAN METODE LEAN UX (STUDI KASUS : YESPLIS.COM). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of SKRIPSI 124170026.pdf] Text
SKRIPSI 124170026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada era digital seperti saat ini teknologi memiliki peran penting dalam kehidupan umat
manusia. Mulai dari sektor Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, hingga Hiburan. Pada sektor
hiburan, industri kreatif merupakan salah satu industri yang menjadi penopang perekonomian
negara. Karena industri kreatif membukakan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Maka
dari itu, masyarakat yang menggantungkan nasibnya pada industri kreatif dipaksa untuk selalu
melakukan inovasi-inovasi agar bisnis tetap berjalan. Salah satu inovasi yang mulai banyak
digunakan adalah menerapkan teknologi dalam setiap kegiatannya. Seperti pada industri musik,
sudah mulai banyak musisi yang mengadakan virutal concert. Pada industry kesenian banyak
seniman yang sudah mulai menyelenggarakan virtual exhibition. Sektor pendidikan pun juga
mulai banyak yang menerapkan webinar sebagai bentuk inovasi dari seminar. Pada setiap acara
tersebut tentunya penyelenggara akan mencetak tiket sebagai tanda masuk bagi para calon audiens.
Tetapi banyak penyelenggara acara yang masih memikirkan cara untuk memudahkan penjualan
tiket. Memudahkan disini berarti tidak merepotkan calon audiens, cepat, praktis, dan tidak
menimbulkan penumpukan antrian yang panjang. Keterbatasan tempat dan waktu bisa menjadi
penghambat jalannya sebuah acara, dan tentu saja tantangan tersebut bisa menjadi pengalaman
yang buruk bagi audiens yang hadir.
Berdasarkan masalah diatas maka solusinya yaitu perancangan UI/UX website Yesplis
dengan menggunakan metode Lean UX. Metode ini memiliki kelebihan pada tingkat keberhasilan
yang cepat namun juga tetap memperhatikan pada tingkat pemahaman terhadap product
experience yang akan dibuat. Rekomendasi prototype ini nantinya merupakan bentuk
pengembangan dari sistem berbasis website yang telah berjalan sebelumnya. Karena rata-rata
penggunanya menggunakan Smartphone, penelitian ini akan ditampilkan versi Mobile dan
diharapkan dapat mempermudah masyarakat khusus nya pengguna Yesplis untuk melakukan
pembelian tiket secara daring dengan praktis, namun tetap mendapatkan pengalaman yang baik
dalam mengakses kanal ticketing Yesplis.

Kata Kunci : user interface, user experience, lean ux, product experience

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, lean ux, product experience
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:10
Last Modified: 23 Jul 2024 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40350

Actions (login required)

View Item View Item