STRATEGI PENERAPAN EVENT HYBRID DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERLIBATAN AUDIENS (STUDI KASUS TELKOM VIRALS)

Marpaung, Rachel Nevia Christi (2024) STRATEGI PENERAPAN EVENT HYBRID DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KETERLIBATAN AUDIENS (STUDI KASUS TELKOM VIRALS). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf] Text
Cover_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Abstrak_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf] Text
Abstrak_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf] Text
Daftar Isi_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf] Text
Daftar Pustaka_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153200169_Rachel Nevia Christi Marpaung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Event hybrid, menggabungkan konsep offline dan online, menjadi tren populer
di era pasca pandemi Covid-19. Telkom VirALS, yang telah sukses menyelenggarakan
event hybrid, mendorong peneliti untuk mengidentifikasi strategi yang tepat dalam
meningkatkan partisipasi dan keterlibatan audiens. Penelitian ini menggunakan teori
Difusi Inovasi dan konsep Event Management dengan metodologi kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan
crew Telkom VirALS. Hasil penelitian menunjukkan strategi kunci dalam proses
distibusi pesan pelatihan event hybrid yang efektif, antara lain menyediakan konten
interaktif dan bervariatif dengan menyesuaikan konten dengan preferensi dan gaya
belajar audiens, serta menggunakan visualisasi menarik yang sesuai target audiens.
Menambahkan fitur kontrol partisipan dan pesan instan sehingga dapat memberikan
kebebasan dan kemudahan interaksi bagi audiens melalui platform online. Lalu,
melakukan monitoring dan evaluasi yang menyeluruh terhadap event hybrid. Strategi
ini terbukti menghasilkan dampak positif dan signifikan terhadap partisipasi dan
keterlibatan audiens Telkom VirALS. Hal ini selaras dengan peningkatan jumlah
peserta, program event, dan interaksi audiens saat event hybrid berlangsung. Telkom
VirALS lewat layanan event hybrid berhasil menawarkan efektivitas dari segi waktu,
biaya, dan juga jangkauan.

Kata Kunci: Event hybrid, pesan, partisipasi, keterlibatan, audiens, Telkom VirALS, Difusi Inovasi, Event Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Event hybrid, pesan, partisipasi, keterlibatan, audiens, Telkom VirALS, Difusi Inovasi, Event Management
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:17
Last Modified: 04 Jul 2024 07:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40118

Actions (login required)

View Item View Item