PENGARUH TERPAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DOLAN.AJA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE DESTINASI WISATA HIDDEN GEMS YOGYAKARTA

Pradito, Rahadian Dimas (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DOLAN.AJA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE DESTINASI WISATA HIDDEN GEMS YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf] Text
2. Cover_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf] Text
3. Abstrak_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_153200089_Rahadian Dimas Pradito.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari terpaan
konten media sosial Instagram @dolan.aja terhadap minat berkunjung followers ke
destinasi wisata hidden gems Yogyakarta. Penelitian ini mengkaji penggunaan
media beserta efek yang dihasilkan berdasarkan pada teori uses and effect. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei.
Sumber data yang digunakan merupakan gabungan antara primer dan sekunder
dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang
responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang kuat antara
variabel terpaan konten dengan variabel minat berkunjung sebesar 0,656.
Persamaan yang diperoleh dari uji regresi linear sederhana adalah
Y=12,899+0,398X. Dari hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00
yang di mana lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil uji t
menunjukkan nilai t hitung: 8,598 > nilai t tabel: 1,988. Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil uji pada penelitian ini maka
dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara
variabel terpaan konten media sosial Instagram @dolan.aja terhadap minat
berkunjung followers ke destinasi wisata hidden gems Yogyakarta dengan tingkat
pengaruh antar variabel sebesar 43 persen, sedangkan sisanya sebesar 57 persen
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata kunci: Terpaan, Minat, Instagram, hidden gems

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terpaan, Minat, Instagram, hidden gems
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:31
Last Modified: 28 Jun 2024 06:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40005

Actions (login required)

View Item View Item