BAYO, AGATHA DEBORA (2024) PENGARUH AUTHENTICITY DAN VISITOR ENGAGEMENT TERHADAP MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi Pada Wisatawan yang telah Berkunjung ke Desa Wisata Kampung Adat Prai Ijing, Sumba Barat, NTT). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_152190127_Agatha Debora Bayo.pdf Download (77kB) |
|
Text
Cover_152190127_Agatha Debora Bayo.pdf Download (91kB) |
|
Text
Daftar Isi_152190127_Agatha Debora Bayo.pdf Download (80kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152190127_Agatha Debora Bayo.pdf Download (92kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152190127_Agatha Debora Bayo.pdf Download (75kB) |
|
Text
Skripsi_Fulltext_152190127_Agatha Debora Bayo.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Agatha Debora Bayo, Nomor Induk Mahasiswa 152190127, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh
Authenticity dan Visitor Engagement Terhadap Memorable Tourist Experience
Serta Dampaknya Pada Revisit Intention (Studi Pada Wisatawan Yang telah
Berkunjung ke Desa Wisata Kampung Adat Prai Ijing, Sumba Barat, NTT)”.
Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan pembimbing II Suratna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Authenticity dan Visitor
Engagement Terhadap Memorable Tourist Experience Serta Dampaknya Pada
Revisit Intention (Studi Pada Wisatawan Yang telah Berkunjung ke Desa Wisata
Kampung Adat Prai Ijing, Sumba Barat, NTT). Populasi dalam penelitian ini adalah
wisatawan yang telah berkunjung minimal satu kali pada Kampung Adat Prai Ijing
yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
adalah wisatawan yang telah berkunjung minimal satu kali ke Kampung Adat Prai
Ijing. Ukuran sampel dengan 131 responden didapatkan dari perhitungan rumus
Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality
sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan
data tabel dan persentasi, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM
AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel authenticity berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourist experience, visitor engagement berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourist experience, authenticity berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention,visitor engagement berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, memorable tourist experience berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, authenticity berpengaruh signifikan terhadap melalui
memorable tourist experience, visitor engagement berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention melalui memorable tourist experience. Berdasarkan hasil
penelitian, Desa Wisata Kampung Adat Prai Ijing harus mampu mempertahankan
dan meningkatkan keaslian dan keterlibatan pengunjung agar wisatawan
mendapatkan pengalaman yang berkesan saat melakukan kunjungaan sehingga
mampu meningkatkan keinginan wisatawan untuk mengunjungi kembali destinasi
wisata tersebut.
Kata Kunci: Authenticity, Visitor Engagement, Memorable Tourist Experience,
Revisit Intention
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Authenticity, Visitor Engagement, Memorable Tourist Experience, Revisit Intention |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:55 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39941 |
Actions (login required)
View Item |