GUPITASARI, MARTIA (2024) STRATEGI PEMASARAN PADA WISATA BOJONG ASRI DEPOK, BANTUL, YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Cover_152200030_Martia Gupitasari.pdf Download (326kB) |
|
Text
Abstrak_152200030_Martia Gupitasari.pdf Download (298kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152200030_Martia Gupitasari.pdf Download (291kB) |
|
Text
Daftar Isi_152200030_Martia Gupitasari.pdf Download (201kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200030_Martia Gupitasari.pdf Download (302kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200030_Martia Gupitasari.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Martia Gupitasari, Nomor Mahasiswa 152200030, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Strategi
Pemasaran Pada Wisata Bojong Asri Depok, Bantul, Yogyakarta
Menggunakan Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix
(QSPM). Dosen pembimbing Humam Santoso Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kondisi
Wisata Bojong Asri menggunakan analisis SWOT serta menentukan strategi
pemasaran yang cocok untuk diterapkan pada Wisata Bojong Asri berdasarkan
alternatif strategi pemasaran yang telah didapatkan dengan QSPM. Penelitian ini
menggunakan mix method. Sumber data yang digunakan adalah data primer
dengan melakukan wawancara terhadap 6 (enam) informan yang terdiri dari satu
pemilik sekaligus pengelola, tiga karyawan, serta dua pengunjung setia dan data
sekunder yang berasal dari website Bappeda terkait jumlah kunjungan wisatawan
di Yogyakarta, media sosial Wisata Bojong Asri, dan artikel yang memuat
informasi seputar Wisata Bojong Asri. Analisis data menggunakan perumusan
strategi menurut David & David (2016:169) yang diintegrasikan menjadi tiga
tahapan yaitu tahap input (Matriks IFE dan EFE), tahap pencocokan (Matriks
SWOT), dan tahap keputusan (QSPM).
Hasil perhitungan matriks IFE dan matriks EFE pada Wisata Bojong Asri
memperoleh skor IFE sebesar 3,069 dan skor EFE sebesar 3,350. Pada analisis
SWOT menunjukkan bahwa Wisata Bojong Asri berada di kuadran I yang
mendukung strategi agresif sehingga strategi yang cocok digunakan adalah
strategi Strenghs-Opportunities (S-O). Strategi alternatif yang dihasilkan yaitu
membuat branding yang menarik dan memaksimalkan promosi di seluruh media
sosial dengan nilai TAS sebesar 5,739; bekerja sama atau berkolaborasi dengan
pemerintah maupun pihak swasta dengan nilai TAS 5,489; melakukan perbaikan
fasilitas dan meningkatkan kualitas agar lebih baik, rapi serta menarik sehingga
pengunjung lebih puas dan nyaman dengan nilai TAS sebesar 5,086. Prioritas
strategi yang dapat diterapkan oleh Wisata Bojong Asri termasuk dalam strategi
intensif yang mencakup penetrasi pasar dan pengembangan produk.
Saran dari peneliti untuk Wisata Bojong Asri yaitu lebih mengembangkan
dan meningkatkan update konten-konten promosi yang menarik dan menawarkan
diskon terbaik melalui media sosial serta melakukan kerja sama dengan influencer
wisata terkenal di Yogyakarta yang memiliki banyak followers di media sosial
(penetrasi pasar) serta memperbaiki sarana dan prasarana yang dimiliki,
meningkatkan kebersihan, dan meningkatkan inovasi kegiatan/wahana permainan
sehingga dapat memaksimalkan kepuasan serta kenyamanan pengunjung
(pengembangan produk) yang mampu menunjang loyalitas pengunjung.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, IFE, EFE, Matriks SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, IFE, EFE, Matriks SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:25 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39902 |
Actions (login required)
View Item |