ROSANITA, DEWI (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND AWARENESS (Survei Konsumen Pada Panduan Berkebun Merek Tanduria.co). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Full Text_141200113_Dewi Rosanita.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. Cover_141200113_Dewi Rosanita.pdf Download (86kB) |
|
Text
3. Abstrak_141200113_Dewi Rosanita.pdf Download (78kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_141200113_Dewi Rosanita.pdf Download (62kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_141200113_Dewi Rosanita.pdf Download (147kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_141200113_Dewi Rosanita.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social
media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand awareness
pada panduan berkebun merek Tanduria.co. Social media marketing adalah program
pemasaran online menggunakan social media untuk mempromosikan merek atau
produk dan akan melibatkan konsumen atau calon konsumen. Brand awareness
merupakan kemampuan konsumen mengidentifikasi unsur merek sebelum membuat
keputusan pembelian. Purchase intention merepresentasikan kemungkinan konsumen
membeli produk yang didasari pengalaman konsumen. Penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner. Populasi penelitian ini adalah
pengguna social media Instagram, TikTok, dan YouTube di Indonesia. Pengumpulan
data primer menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang diambil dalam
penelitian ini sebanyak 305 responden. Data dianalisis menggunakan Structural
Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap brand awareness,
2) Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, 3)
Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, 4) Social media
marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui brand
awareness. Jadi, social media marketing dapat menjadi media penyampaian edukasi
merek untuk membangun brand awareness dan edukasi merek yang dilakukan secara
berulang dan konsisten, dibarengi dengan berkomunikasi dan berinteraksi langsung
dengan konsumen dapat memperkuat keterlibatan konsumen yang akan memengaruhi
purchase intention konsumen.
Kata Kunci : Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention,
Keterlibatan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention, Keterlibatan |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:53 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39860 |
Actions (login required)
View Item |