Putra, Kevin Prapaska (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA APLIKASI TRANS JOGJA MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_124180022_Kevin Prapaska Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
2. Cover_124180022_Kevin Prapaska Putra.pdf Download (91kB) |
|
Text
3. Abstrak_124180022_Kevin Prapaska Putra.pdf Download (5MB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_124180022_Kevin Prapaska Putra.pdf Download (5MB) |
|
Text
5. Daftar Isi_124180022_Kevin Prapaska Putra.pdf Download (5MB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_124180022_Kevin Prapaska Putra.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan sebuah aplikasi
untuk sektor transportasi umum di Yogyakarta yaitu aplikasi Trans Jogja. Aplikasi ini tidak hanya
menyediakan layanan pemesanan tiket trans jogja, tetapi juga memiliki berbagai fitur tambahan
untuk kemudahan dan kenyamanan para pelanggan bus Trans Jogja. Diluncurkannya Trans Jogja
bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan atau konsumen bus trans jogja dalam
memesan tiket secara online, informasi bus yang berada di dekat dan rute tiap jalur. Namun
nyatanya masih terdapat berbagai masalah yang dialami pengguna namun masih terdapat masalah
bagi beberapa pengguna seperti beberapa jalur yang tidak sesuai jadwal, bus yang tidak terdeteksi
di aplikasi, dan metode pembayaran yang hanya satu sehingga berakibat terhadap minat dalam
penggunaan aplikasi. Penerimaan terhadap suatu niat, serta penggunaan layanan digital bisa saja
dipengaruhi oleh banyak faktor (Pamungkas & Sudiarno, 2022). Untuk memastikan minat pengguna
dalam menggunakan aplikasi Trans Jogja perlu dilakukannya analisis untuk mengetahui faktor�faktor apa saja yang mempengaruhi minat dalam menggunakan aplikasi Trans Jogja.
Penelitian ini menggunakan seluruh variabel yang ada dalam model UTAUT 2 untuk
melakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna terhadap aplikasi Trans Jogja.
Data yang digunakan pada penelitian ini dikumpulkan dari hasil kuesioner secara daring dengan 29
pernyataan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang merupakan pengguna
aplikasi Trans Jogja. Data tersebut kemudian diolah menggunakan metode Structural Equation
Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 hipotesis yang diajukan dalam penelitian, 2
hipotesis diterima dan 12 hipotesis ditolak. 2 hipotesis yang diterima adalah social influence dan
habit. Sehingga rekomendasi untuk meningkatkan minat pengguna adalah diperlukan sebuah iklan
ajakan dengan menggandeng brand ambassador yang saat ini sedang menjadi trend center sehingga
para pengikut dari trend center tersebut dapat menyadari dan ikut menggunakan aplikasi Trans
Jogja. Rekomendasi lainnya adalah mempertahankan fitur-fitur yang sudah dianggap baik dan
menambahkan fitur-fitur baru yang dapat memikat pengguna untuk lebih sering menggunakannya
serta sering melakukan pemeliharaan aplikasi dan memperbaiki fitur-fitur yang kurang agar para
pengguna akan terus menerus menggunakan aplikasi Trans Jogja.
Kata Kunci : Trans Jogja, Analisis Faktor Pengguna, UTAUT 2, SmartPLS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trans Jogja, Analisis Faktor Pengguna, UTAUT 2, SmartPLS |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:14 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:14 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39807 |
Actions (login required)
View Item |