ISTIKARANI, DIVA IRSYA (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (Studi Pada UMKM Nusaa Batik Di Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_152200098_Diva Irsya Istikarani.pdf Download (1MB) |
|
Text
Cover_152200098_Diva Irsya Istikarani.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi_152200098_Diva Irsya Istikarani.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200098_Diva Irsya Istikarani.pdf Download (178kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152200098_Diva Irsya Istikarani.pdf Download (472kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200098_Diva Irsya Istikarani.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
vi
ABSTRAKSI
Diva Irsya Istikarani, Nomor Induk Mahasiswa 152200098, Jurusan
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian ini adalah “Analisis Strategi Pengembangan
Usaha Dengan Metode SWOT Dan QSPM (Studi Pada UMKM Nusaa Batik Di
Yogyakarta).” Pembimbing skripsi Rosalia Dwi Fadma.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi UMKM Nusaa Batik
berdasarkan analisis SWOT dan penentuan prioritas alternatif strategi pengembangan
usaha menggunakan Matriks QSPM. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif,
dengan sumber data yaitu data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dari empat
informan. Objek pada penelitian ini adalah UMKM Nusaa Batik yang terletak di
Ganjuran RT 03, RW 20, Area Sawah, Sidorejo, Godean, Sleman, Yogyakarta. Teknik
analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu tahap input menggunakan Matriks IFE
dan EFE, tahap pencocokkan menggunakan Matriks SWOT, dan tahap keputusan
menggunakan Matriks QSPM.
Hasil analisis tahap input menyatakan terdapat 14 faktor internal dan 11 faktor
eksternal yang mempengaruhi formulasi strategi. Hasil analisis tahap pencocokan
menghasilkan sembilan alternatif strategi dari hasil pencocokkan faktor internal dan
eksternal. Hasil prioritas alternatif strategi dengan skor tertinggi menggunakan Matriks
QSPM adalah melakukan kolaborasi dengan pelaku industri lokal seperti hotel, resto
atau penyedia layanan pariwisata untuk mempromosikan produk Nusaa Batik.
Saran dari peneliti untuk UMKM Nusaa Batik adalah melakukan kolaborasi
dengan pelaku industri lokal seperti hotel, resto atau penyedia layanan pariwisata. Hal
ini dilakukan untuk mempromosikan produk-produk dan membantu meningkatkan
brand awarness Nusaa Batik, mengikuti program pelatihan yang difasilitasi oleh
pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan inovasi produk dalam mendukung
kebutuhan pelanggan, dan memanfaatkan adanya layanan aggregator, fokus pada SEO
(Search Engine Optimization) dan konten yang relevan untuk meningkatkan visibilitas
dan aksesibilitas yang ada.
Kata Kunci : Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:56 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39727 |
Actions (login required)
View Item |