MODEL KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI MEDIA DI DAERAH 3T OLEH PRODI ILMU KOMUNIKASI UII (STUDI KASUS SMPN SEKON, NUSA TENGGARA TIMUR)

Mayangsari, Desyatri Parawahyu (2024) MODEL KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI MEDIA DI DAERAH 3T OLEH PRODI ILMU KOMUNIKASI UII (STUDI KASUS SMPN SEKON, NUSA TENGGARA TIMUR). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Tesis Full-Desyatri Parawahyu-253212010.pdf] Text
1. Tesis Full-Desyatri Parawahyu-253212010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[thumbnail of 2. Judul - Tesis Desya.pdf] Text
2. Judul - Tesis Desya.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 3. Ringkasan - Tesis Desya.pdf] Text
3. Ringkasan - Tesis Desya.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4. Daftar Isi - Tesis Desya.pdf] Text
4. Daftar Isi - Tesis Desya.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 5. Daftar Pustaka - Tesis Desya.pdf] Text
5. Daftar Pustaka - Tesis Desya.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 6. Lembar Pengesahan Ujian Tesis Desya.pdf] Text
6. Lembar Pengesahan Ujian Tesis Desya.pdf

Download (280kB)

Abstract

Literasi Media di daerah 3T, khususnya Nusa Tenggara Timur dapat dikatakan
rendah. Menurut BPS tahun 2016 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rata-rata
Indonesia adalah 70, 18 dan IPM Nusa Tenggara Timur menempati peringkat 3
terbawah secara nasional dengan angka 63,13. Prodi Ilmu Komunikasi yang
bekerjasama dengan Yayasan Tunas Bakti Nusantara melakukan kegiatan
pemberdayaan untuk dapat meningkatkan angka literasi media dan kesadaran akan
pendayaan yang harus dilakukan di daerah 3T. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan model komunikasi pemberdayaan dalam pengembangan budaya
literasi media di daerah 3T oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII (Studi Kasus SMPN
Sekon, Nusa Tenggara Timur). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Penelitian dengan
metode studi kasus berupaya menelaah sebanyak mungkin data mengenai subjek
yang diteliti. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menemukan proses komunikasi
pemberdayaan yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII menggunakan
observasi dan pelaksanaan training of traneer, penyadaran, pengkapasitasan,
pendayaan dan evaluasi (harian dan paska kegiatan). Selain itu pemberdayaan basis
partisipatif ini memperlihatkan pola komunikasi bintang yang menunjukkan adanya
perputaran proses komunikasi terus menerus antara peserta komunikasinya.
Kebaruan dalam penelitian ini adalah belum adanya penelitian sebelumnya yang
objek pemberdayaannya berada di daerah 3T. Selain itu, fokus pemberdayaan
sangat diperhatikan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UII, yakni menggunakan teknik
training of traineer, sehingga target pemberdayaan tepat sasaran.
Kata Kunci: Komunikasi Pemberdayaan, Literasi Media, 3T, Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemberdayaan, Literasi Media, 3T, Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 May 2024 07:39
Last Modified: 31 May 2024 07:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39578

Actions (login required)

View Item View Item