PENGEMBANGAN STRATEGI BERSAING PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR DI YOGYAKARTA

TEGUH PRASETIO, RESTU (2016) PENGEMBANGAN STRATEGI BERSAING PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
0001.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0003.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0004.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0011.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0012.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi bersaing pada PT. Telekomunikasi Selular di Yogyakarta serta menentukan prioritas strategi yang dapat digunakan PT. Telekomunikasi Selular. Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal PT. Telekomunikasi Selular. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki oleh PT. Telekomunikasi Selular di Yogyakarta. Pengembangan strategi didasari oleh konsep ilmu manajemen strategi dengan menggunakan alat analisis yaitu matriks SWOT yang menghasilkan 7 alternatif strategi pengembangan, Matriks IE menujukkan posisi PT. Telekomunikasi Selular berada pada kuadran V dengan kondisi hold and maintain (strategi yang dapat diterapkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk) dan Matriks Grand Strategy yang menempatkan posisi PT. Telekomunikasi Selular berada pada kuadran I (strategi yang dapat diginakan adalah pengembangan produk dan pasar, penetrasi pasar, integrasi kedepan, integrasi kebelakang, dan diversifikasi konsentrik). Alternatif strategi tersebut kemudian dianalisis menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif strategi yang memiliki skor daya tarik tertinggi. Hasil analisis menggunakan QSPM menunjukkan bahwa strategi peremajaan jaringan dan menambah kapasitas bandwidth di BTS yang sering dipakai atau dilalui oleh pelanggan mobile data merupakan alternatif strategi yang mendapatkan skor daya tarik tertinggi. Kata Kunci : Pengembangan Strategi, SWOT, IE, Grand Strategy, QSPM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:23
Last Modified: 16 Jun 2016 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item