PENGEMBANGAN STRATEGI BERSAING PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR DI YOGYAKARTA

TEGUH PRASETIO, RESTU (2016) PENGEMBANGAN STRATEGI BERSAING PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of 0001.pdf]
Preview
Text
0001.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 0003.pdf]
Preview
Text
0003.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 0004.pdf]
Preview
Text
0004.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 0011.pdf]
Preview
Text
0011.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 0012.pdf]
Preview
Text
0012.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi bersaing pada PT.
Telekomunikasi Selular di Yogyakarta serta menentukan prioritas strategi yang
dapat digunakan PT. Telekomunikasi Selular. Tahap awal yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu menganalisis kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan
internal PT. Telekomunikasi Selular. Analisis tersebut dilakukan untuk
mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki oleh PT.
Telekomunikasi Selular di Yogyakarta. Pengembangan strategi didasari oleh
konsep ilmu manajemen strategi dengan menggunakan alat analisis yaitu matriks
SWOT yang menghasilkan 7 alternatif strategi pengembangan, Matriks IE
menujukkan posisi PT. Telekomunikasi Selular berada pada kuadran V dengan
kondisi hold and maintain (strategi yang dapat diterapkan adalah penetrasi pasar
dan pengembangan produk) dan Matriks Grand Strategy yang menempatkan
posisi PT. Telekomunikasi Selular berada pada kuadran I (strategi yang dapat
diginakan adalah pengembangan produk dan pasar, penetrasi pasar, integrasi
kedepan, integrasi kebelakang, dan diversifikasi konsentrik). Alternatif strategi
tersebut kemudian dianalisis menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic
Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif strategi yang memiliki skor daya
tarik tertinggi. Hasil analisis menggunakan QSPM menunjukkan bahwa strategi
peremajaan jaringan dan menambah kapasitas bandwidth di BTS yang sering
dipakai atau dilalui oleh pelanggan mobile data merupakan alternatif strategi yang
mendapatkan skor daya tarik tertinggi.
Kata Kunci : Pengembangan Strategi, SWOT, IE, Grand Strategy, QSPM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:23
Last Modified: 16 Jun 2016 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item