IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH “DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA” DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN MASYARAKAT

Fathurrahman, Reza Dwiki (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH “DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA” DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI Full Text_153190101_Reza Dwiki F.pdf] Text
1. SKRIPSI Full Text_153190101_Reza Dwiki F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190101_Reza Dwiki F.pdf] Text
2. Cover_153190101_Reza Dwiki F.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190101_Reza Dwiki F.pdf] Text
3. Abstrak_153190101_Reza Dwiki F.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190101_Reza Dwiki F.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190101_Reza Dwiki F.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190101_Reza Dwiki F.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190101_Reza Dwiki F.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190101_Reza Dwiki F.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190101_Reza Dwiki F.pdf

Download (78kB)

Abstract

Perpustakaan dinilai mampu meningkatkan budaya literasi masyarakat dengan cara
mengelola kumpulam karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara
professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pemustaka.
Dengan lengkapnya berbagai layanan, ruangan, dan fasilitas, perlu adanya strategi
pemasaran yang matang agar masyarakat dapat teredukasi. Lengkapnya layanan
dan fasilitas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogykarta
dapat dibuktikan dengan nilai Index Kepuasan Masyarakat (IKM) yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang
diterapkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta
dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori strategi pemasaran, konsep bauran pemasaran, dan
konsep bauran komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif, dengan proses pengumpulan data primer melalui wawancara
secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan
bahwa Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta
mengimplementasikan tujuh aspek bauran pemasaran yakni produk, harga,
promosi, tempat, orang, proses, dan lingkungan fisik. Namun, banyaknya
pengjunjung yang datang belum bisa dikatakan maksimal sehingga dinas tersebut
masih perlu meningkatkan komunikasi pemaasarannya agar seluruh strategi yang
dirancang dapat tersampaikan ke masyarakat.
Kata Kunci: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa
Yogyakarta, Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:59
Last Modified: 17 Jan 2024 03:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38700

Actions (login required)

View Item View Item