Fathurrahman, Reza Dwiki (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH “DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA” DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI Full Text_153190101_Reza Dwiki F.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Cover_153190101_Reza Dwiki F.pdf Download (152kB) |
|
Text
3. Abstrak_153190101_Reza Dwiki F.pdf Download (14kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153190101_Reza Dwiki F.pdf Download (308kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153190101_Reza Dwiki F.pdf Download (442kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153190101_Reza Dwiki F.pdf Download (78kB) |
Abstract
Perpustakaan dinilai mampu meningkatkan budaya literasi masyarakat dengan cara
mengelola kumpulam karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara
professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pemustaka.
Dengan lengkapnya berbagai layanan, ruangan, dan fasilitas, perlu adanya strategi
pemasaran yang matang agar masyarakat dapat teredukasi. Lengkapnya layanan
dan fasilitas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogykarta
dapat dibuktikan dengan nilai Index Kepuasan Masyarakat (IKM) yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang
diterapkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta
dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori strategi pemasaran, konsep bauran pemasaran, dan
konsep bauran komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif, dengan proses pengumpulan data primer melalui wawancara
secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan
bahwa Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta
mengimplementasikan tujuh aspek bauran pemasaran yakni produk, harga,
promosi, tempat, orang, proses, dan lingkungan fisik. Namun, banyaknya
pengjunjung yang datang belum bisa dikatakan maksimal sehingga dinas tersebut
masih perlu meningkatkan komunikasi pemaasarannya agar seluruh strategi yang
dirancang dapat tersampaikan ke masyarakat.
Kata Kunci: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa
Yogyakarta, Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 03:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 03:59 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38700 |
Actions (login required)
View Item |