PENGARUH GAYA KOMUNIKASI AKUN TWITTER (X) @Gerindra TERHADAP CITRA PARTAI GERINDRA PADA GENERASI Z

NENGRUM, FITRA FIDYAH (2024) PENGARUH GAYA KOMUNIKASI AKUN TWITTER (X) @Gerindra TERHADAP CITRA PARTAI GERINDRA PADA GENERASI Z. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf] Text
2. Cover_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf] Text
3. Abstrak_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190073_Fitra Fidyah Nengrum.pdf

Download (497kB)

Abstract

Twitter menjadi salah satu media sosial yang lazim digunakan untuk
mengkomunikasikan pesan-pesan politik, dalam beberapa tahun terakhir akun
Twitter @Gerindra mendapatkan banyak sorotan karena perubahan gaya
komunikasi yang digunakan. Perubahan gaya komunikasi ini diikuti oleh kenaikan
jumlah interaksi dan angka followers yang cukup signifikan. Penelitian ini
bermaksud mencari tahu seberapa besar pengaruh gaya komunikasi yang diterapkan
Twitter @Gerindra terhadap citra Partai Gerindra pada Generasi-Z. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei kepada 100 responden.
Teori yang digunakan adalah teori Stimulus-Organism-Respons. Hasil uji korelasi
Product Moment pada variabel independen dan variabel dependen sebesar 0,749
dengan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan terdapat hubungan positif dan
signifikan. Nilai parsial dari Uji t memiliki nilai signifikansi <0,05. Terdapat
kontribusi gaya komunikasi pada citra sebesar 56,2% dan 43,8% sisanya adalah
faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang dapat berupa; tingkat
awareness, popularitas, kredibilitas kandidat, kapabilitas kandidat, hasil kerja
anggota partai, bentuk kampanye politik dan lain sebagainya. Penelitian ini juga
menemukan bahwa indikator gaya komunikasi yang paling berpengaruh terhadap
citra adalah indikator the content: Function (request for interaction) dengan mean
sebesar 4,06 dan indikator citra yang paling tinggi adalah uniqueness dengan mean
sebesar 4,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya komunikasi yang diterapkan
oleh akun Twitter @Gerindra sebagai stimulus berhasil menghasilkan respons
berupa kesan positif yaitu citra baik dari Partai Gerindra pada organism yaitu
followers yang termasuk Generasi Z.
Kata kunci: Gaya Komunikasi, Citra, S-O-R, Twitter, Gerindra

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Citra, S-O-R, Twitter, Gerindra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:49
Last Modified: 12 Jan 2024 07:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38659

Actions (login required)

View Item View Item