Pratama, Adriansyah Putra (2023) STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (Studi pada Greeya Coffee). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_Adriansyah Putra Pratama_152190059.pdf Download (68kB) |
|
Text
Cover_Adriansyah Putra Pratama_152190059.pdf Download (131kB) |
|
Text
Daftar Isi_Adriansyah Putra Pratama_152190059 (1).pdf Download (123kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Adriansyah Putra Pratama_152190059.pdf Download (89kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Adriansyah Putra Pratama_152190059.pdf Download (207kB) |
|
Text
Skripsi_Adriansyah Putra Pratama_152190059.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Adriansyah Putra Pratama, Nomor Mahasiswa 152190059, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Strategi
Pemasaran Coffee Shop Dengan Metode QSPM (Studi Pada Greeya Coffee). Dosen
Pembimbing Humam Santoso Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi kuadran pada greeya
Coffee sebelum dilakukannya perumusan strategi alternatif, untuk menganalisis
dan merumuskan strategi alternatif yang tepat bagi Greeya Coffee, untuk
mengetahui urutan prioritas strategi alternatif bagi Greeya Coffee, dan untuk
mengetahui strategi pemasaran yang relevan terhadap strategi alternatif di Greeya
Coffee. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber
data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan wawancara yang terdiri
dari empat (4) informan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan
perumusan strategi menurut David & David (2017) yang diintegrasikan menjadi
tiga tahapan, yaitu tahap 1 (input): Matriks IFE dan EFE, tahap 2 (pencocokan):
Matriks SWOT, dan tahap 3 (keputusan): Matriks QSPM. Objek penelitian ini
berlokasi di Jalan Nangka III No.175, Pugeran, Maguwoharjo, Kecamatan Depok,
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55281.
Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa Greeya Coffee berada di
kuadran I yang mendukung strategi agresif, sehingga pada posisi tersebut strategi
yang cocok digunakan Greeya Coffee adalah strategi Strength – Opportunity (S-O).
Prioritas strategi yang dihasilkan Greeya Coffee adalah memaksimalkan jual-beli
pada online food dengan nilai TAS sebesar 6,231.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada pengelola
Greeya Coffee, yaitu dengan memaksimalkan jual-beli pada online food dan
membuat produk signature pada Greeya Coffee dengan harga bersaing. Adapun
agar strategi alternatif yang telah dibuat dapat terealisasikan, maka peneliti
menyarankan untuk menerapkan strategi alternatif tersebut yang mengacu pada
bauran pemasaran 7P.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 01:39 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 01:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38593 |
Actions (login required)
View Item |