PENGUATAN POSITIONING MNC NEWS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA PENYIARAN BERLANGGANAN (Studi Deskriptif MNC News)

Permana, Feri Satya (2023) PENGUATAN POSITIONING MNC NEWS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA PENYIARAN BERLANGGANAN (Studi Deskriptif MNC News). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153180018_Feri Satya Permana.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153180018_Feri Satya Permana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_153180018_Feri Satya Permana.pdf] Text
2. Cover_153180018_Feri Satya Permana.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan_153180018_Feri Satya Permana.pdf] Text
3. Lembar Pengesahan_153180018_Feri Satya Permana.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of 4. Daftar Isi_153180018_Feri Satya Permana.pdf] Text
4. Daftar Isi_153180018_Feri Satya Permana.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 5. Abstrak_153180018_Feri Satya Permana.pdf] Text
5. Abstrak_153180018_Feri Satya Permana.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153180018_Feri Satya Permana.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153180018_Feri Satya Permana.pdf

Download (574kB)

Abstract

Disrupsi informasi di era digital membuat penyebaran berita semakin tak terbatas
pada ruang dan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya
MNC News dalam memperkuat posisinya dalam menghadapi persaingan media
penyiaran berlangganan, serta kendala dalam memperkuat posisi tersebut.
Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivis dengan pendekatan
Kualitatif Deskriptif. Data diperoleh dari para informan, observasi, serta studi
pustaka. Hasil penelitian ini menemukan bahwa positioning MNC News dari segi
ciri khas, MNC News melakukan simplifikasi produk dan beberapa kali
melakukan pergantian logo dan tagline untuk memenuhi ekspektasi audiens.
Kedua, dari segi manfaat, MNC News sangat mengedepankan news value dari
produk berita yang mereka hasilkan. Dalam konteks ini, tim redaksi MNC News
melakukan riset dan pertimbangan yang matang apakah berita layak tayang atau
tidak. Ketiga, Dari sisi target audiens, MNC News menyasar golongan audiens A
dan B, atau kalangan menengah keatas dengan rentang usia 18-45 tahun.
Keempat, positioning berdasarkan program pesaing, MNC News menonjolkan
program berita yang tidak dibatasi pada waktu dan menyediakan banyak konten.
Kelima, positioning berdasarkan perbedaan kategori, MNC news sangat
memperhatikan kapabilitas dan kredibilitas narasumber serta pemilihan tema yang
hendak disajikan. Di samping itu, beberapa kendala yang dihadapi MNC News
dalam positioning tersebut diantaranya masalah keterbatasan Sumber Daya
Manusia dan ketersediaan sumber pendanaan.
Kata Kunci: TV Berita, MNC News, Positioning

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TV Berita, MNC News, Positioning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Jan 2024 01:51
Last Modified: 03 Jan 2024 01:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38521

Actions (login required)

View Item View Item