MODEL KOMUNIKASI SISTEM KEMITRAAN DIVISI HUMAN CAPITAL PERUSAHAAN X YOGYAKARTA DENGAN MITRA TELEMARKETING

Fransiska, Olva Routania (2024) MODEL KOMUNIKASI SISTEM KEMITRAAN DIVISI HUMAN CAPITAL PERUSAHAAN X YOGYAKARTA DENGAN MITRA TELEMARKETING. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI2.pdf] Text
DAFTAR ISI2.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi saat ini membuat perusahaan X berinovasi dengan menciptakan
layanan digital operation. sistem yang diterapkan dalam perusahaan adalah sistem
kemitraan sehingga manajemen dengan mitra tidak ada keterikatan. Dalam menjalankan
operasional perusahaan manajemen diwakili oleh divisi human capital. penelitian ini ingin
melihat bagaimana komunikasi dalam internal perusahaan dan membuat model komunikasi
sistem kemitraan divisi human capital perusahaan X Yogyakarta dengan mitra
telemarketing Metode yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu peneliti menggambarkan
temuan yang ada bersifat natural dengan bentuk uraian naratif. Pendekatan deskriptif
berarti penulis melihat dan memahami lebih dekat secara menyeluruh dan terperinci
berdasarkan dari keterangan narasumber serta sumber pendukung lainnya. Penulis memilih
divisi human capital dan mitra telemarketing karena mereka memiliki peran penting dalam
komunikasi internal di perusahaan tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi
yang dilakukan antara human capital bersifat satu arah. alur komunikasi yang cenderung
mempunyai banyak jalur sehingga komunikasi dirasa tidak efektif. tidak terdapat wadah
bagi mitra dalam menyampaikan pendapat atau masukan atas proses komunikasi yang
terjadi dalam ruang lingkup perusahaan. Alur komunikasi dalam perusahaan X, yang
dimulai dari human capital sebagai komunikator dan berlanjut ke kepala bagian yaitu head
telephony, coordinator, dan team leader sebagai perantara untuk menyampaikan informasi
kepada mitra telemarketing sebagai komunikan, memiliki beberapa kelemahan yang
memengaruhi efektivitasnya. Faktor utama yang mempengaruhi kurangnya efektivitas
komunikasi tersebut adalah masalah waktu dalam penyampaian informasi, kurangnya
sosialisasi, kendala dalam sistem yang diterapkan serta aliran komunikasi yang ada.
Kata kunci :Komunikasi internal; Sistem kemitraan; Model komunikasi; Mitra Tema
ABSTRACT
The current technological advancements have prompted companies to innovate by creating
digital operational services. The system implemented in the company is a partnership
system, allowing management to have no constraints in dealing with partners. In running
the company's operations, management is represented by the human capital division. This
research aims to eXamine how internal communication operates in the company and to
develop a communication model for the partnership system of the human capital division
in Yogyakarta with telemarketing partners. The method used is qualitative descriptive,
where the researcher describes natural findings in a narrative form. The descriptive
approach means the author looks at and understands more closely and comprehensively
based on information from informants and other supporting sources. The author chose the
human capital division and telemarketing partners because they play a crucial role in
internal communication in the company. This study found that communication between
human capital is one-way. The communication flow tends to have many channels, making
communication perceived as ineffective. There is no platform for partners to eXpress
opinions or provide input on the communication process within the company's linkup
space. The communication flow in the company, starting from human capital as the
communicator and continuing to the department head, namely the head of telephony,
coordinator, and team leader as intermediaries to convey information to telemarketing
partners as communicants, has several weaknesses that affect its effectiveness. The main
factors affecting the lack of communication effectiveness are timing issues in information
delivery, lack of socialization, obstacles in the applied system, and the eXisting
communication flow.
Keywords: Internal communication; Partnership system; Communication model;
Telemarketing Partners

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internal communication; Partnership system; Communication model; Telemarketing Partners
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jan 2024 01:36
Last Modified: 03 Jan 2024 01:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38519

Actions (login required)

View Item View Item