STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM (Studi Kasus Wedang Ronde Di PT. Arah Dunia Televisi ADiTV)

Utami, Chairunisa Zahra Putri (2023) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM (Studi Kasus Wedang Ronde Di PT. Arah Dunia Televisi ADiTV). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf] Text
2. Cover_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf] Text
3. Abstrak_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190113_Chairunisa Zahra P.U.pdf

Download (171kB)

Abstract

Pergantian program televisi saat ini tidak dapat dipungkiri sangat cepat.
Perubahan tren dan kebutuhan penonton juga membuat stasiun televisi tidak hanya
televisi swasta televisi lokal pun harus meningkatkan konten program acara agar
mampu bertahan lama dan dapat memenuhi kebutuhan penonton. Program yang tidak
mampu mempertahankan rating akan langsung digantikan dengan program baru.
Namun, ADiTV sebagai sebuah televisi lokal Yogyakarta memiliki program yang
mampu bertahan dari tahun 2013 hingga saat ini, yaitu program Wedang Ronde yang
mengangkat mengenai konten lokal dan sudah memproduksi lebih dari 470 episode.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kreatif
yang digunakan produser pada program Wedang Ronde di PT. Arah Dunia Televisi
(ADiTV) untuk mempertahankan eksistensi program. Penelitian ini menggunakan
teori 13 Strategi Kreatif Naratama yang digunakan pada tahapan Pra produksi,
Produksi dan Pasca produksi. Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan data
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
strategi kreatif yang digunakan produser lebih menonjolkan pada aspek keautentikan.
Dengan mempertahankan keaslian dari program Wedang Ronde. Namun ada
beberapa strategi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Misalkan dengan
mengangkat tema yang berbeda – beda pada setiap episodenya disesuaikan dengan
isu yang sedang hangat diperbincangkan.
Kata Kunci : Strategi Kreatif, Produser, Eksistensi Program, Konten Lokal, Autentik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Produser, Eksistensi Program, Konten Lokal, Autentik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:37
Last Modified: 28 Dec 2023 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38425

Actions (login required)

View Item View Item