Pengaruh Social Media Marketing dan Influencer Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Mother of Pearl Beauty (Studi pada konsumen yang pernah bertransaksi melalui Sociolla di Kota Yogyakarta)

Larasati, Akhira (2023) Pengaruh Social Media Marketing dan Influencer Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Mother of Pearl Beauty (Studi pada konsumen yang pernah bertransaksi melalui Sociolla di Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_152170046_Akhira Larasati.pdf] Text
Abstrak_152170046_Akhira Larasati.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Cover_152170046_Akhira Larasati.pdf] Text
Cover_152170046_Akhira Larasati.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152170046_Akhira Larasati.pdf] Text
Daftar Isi_152170046_Akhira Larasati.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152170046_Akhira Larasati.pdf] Text
Daftar Pustaka_152170046_Akhira Larasati.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152170046_Akhira Larasati.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152170046_Akhira Larasati.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152170046_Akhira Larasati.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152170046_Akhira Larasati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akhira Larasati, NIM 152170046, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Social Media Marketing dan
Influencer Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Keputusan
Pembelian Produk Mother of Pearl Beauty (Studi pada konsumen yang pernah
bertransaksi melalui Sociolla di Kota Yogyakarta)”. Dosen Pembimbing I Sauptika
Kancana dan Dosen Pembimbing II Indro Herry Mulyanto.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
social media marketing dan influencer marketing terhadap brand awareness dan
dampaknya pada keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory research dengan populasi konsumen MOP beauty yang pernah
bertransaksi melalui Sociolla Store di Kota Yogyakarta dan diambil sampel 96
responden menggunakan rumus Lemeshow dan purposive sampling. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan
metode statistic partial least square dan diolah menggunakan SmartPLS 4.
Hasil penelitian social media marketing berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap brand awareness, influencer marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand awareness, social media marketing berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian, influencer marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, social media marketing
berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui
brand awareness, influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian melalui brand awareness.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan MOP Beauty dapat memperbaiki
aktivasi social media dengan memasang konten yang dijadikan iklan berbayar pada
audiens yang lebih luas, dapat lebih aktif dalam memberikan informasi khusus
kepada komunitas online yang dibentuk oleh brand, juga bisa lebih aktif dalam
berinteraksi dengan audiens. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat
mengembangkan variabel penelitian ini disesuaikan dengan permasalahan yang ada
pada objek penelitian dan dapat memperluas objek penelitian pada variabel yang
sama atau modifikasi disesuaikan dengan ketertarikan.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Influencer Marketing, Brand Awareness,
Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Influencer Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:54
Last Modified: 28 Dec 2023 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38417

Actions (login required)

View Item View Item