BECAK WISATA SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO OLEH-OLEH JOGJA (STUDI KASUS DI JALAN MALIOBORO)

Hayah, Aqila Fadiya (2023) BECAK WISATA SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO OLEH-OLEH JOGJA (STUDI KASUS DI JALAN MALIOBORO). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf] Text
2. Cover_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf] Text
3. Abstrak_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf

Download (248kB)

Abstract

Becak wisata yang merupakan ikon Kota Yogyakarta menjadi daya tarik
tersendiri pada pariwisata di Yogyakarta untuk mempromosikan dan membantu
perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Peran informatif becak wisata dalam
mempromosikan toko oleh-oleh menjadi hal penting dalam menarik dan membawa
wisatawan menuju toko oleh-oleh tersebut. Pemanfaatan becak sebagai sarana
promosi merupakan salah satu terobosan pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha
toko oleh-oleh di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran becak
wisata sebagai komunikasi pemasaran toko oleh-oleh Jogja. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma penelitian
interpretatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi yang diuji keabsahan data dengan triangulasi data. Teknik analisis
data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
pembuatan kesimpulan dan verifikasi. Subjek yang diteliti adalah tukang becak
wisata, pegawai toko oleh-oleh dan pengunjung. Temuan dari penelitian ini adalah
becak wisata dalam perannya sebagai komunikasi pemasaran yang
mempromosikan dan memperkenalkan toko oleh-oleh Jogja mampu mendukung
dan membantu sektor pariwisata yang hingga saat ini masih berjalan dengan sangat
baik mengingat pemasaran secara tradisional yang melibatkan aktor lain dianggap
tidak dapat bertahan di tengah pemasaran serba online. Sehingga komunikasi
pemasaran yang dilakukan becak wisata efektif untuk tetap dilakukan dalam
mendukung pariwisata Jogja maupun melestarikan keberadaan becak di
Yogyakarta.
Kata kunci: Becak Wisata Yogyakarta, Komunikasi Pemasaran, Toko Oleh-Oleh

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Becak Wisata Yogyakarta, Komunikasi Pemasaran, Toko Oleh-Oleh
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:48
Last Modified: 28 Dec 2023 01:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38402

Actions (login required)

View Item View Item