Hayah, Aqila Fadiya (2023) BECAK WISATA SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO OLEH-OLEH JOGJA (STUDI KASUS DI JALAN MALIOBORO). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf Download (126kB) |
|
Text
3. Abstrak_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf Download (30kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf Download (270kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf Download (66kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153190141_Aqila Fadiya Hayah.pdf Download (248kB) |
Abstract
Becak wisata yang merupakan ikon Kota Yogyakarta menjadi daya tarik
tersendiri pada pariwisata di Yogyakarta untuk mempromosikan dan membantu
perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Peran informatif becak wisata dalam
mempromosikan toko oleh-oleh menjadi hal penting dalam menarik dan membawa
wisatawan menuju toko oleh-oleh tersebut. Pemanfaatan becak sebagai sarana
promosi merupakan salah satu terobosan pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha
toko oleh-oleh di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran becak
wisata sebagai komunikasi pemasaran toko oleh-oleh Jogja. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma penelitian
interpretatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi yang diuji keabsahan data dengan triangulasi data. Teknik analisis
data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
pembuatan kesimpulan dan verifikasi. Subjek yang diteliti adalah tukang becak
wisata, pegawai toko oleh-oleh dan pengunjung. Temuan dari penelitian ini adalah
becak wisata dalam perannya sebagai komunikasi pemasaran yang
mempromosikan dan memperkenalkan toko oleh-oleh Jogja mampu mendukung
dan membantu sektor pariwisata yang hingga saat ini masih berjalan dengan sangat
baik mengingat pemasaran secara tradisional yang melibatkan aktor lain dianggap
tidak dapat bertahan di tengah pemasaran serba online. Sehingga komunikasi
pemasaran yang dilakukan becak wisata efektif untuk tetap dilakukan dalam
mendukung pariwisata Jogja maupun melestarikan keberadaan becak di
Yogyakarta.
Kata kunci: Becak Wisata Yogyakarta, Komunikasi Pemasaran, Toko Oleh-Oleh
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Becak Wisata Yogyakarta, Komunikasi Pemasaran, Toko Oleh-Oleh |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 01:48 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 01:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38402 |
Actions (login required)
View Item |