MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN IKONSER CHANNEL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI TELEVISI MUSIK BERLANGGANAN

Yulfidayanti, Arinda Qurnia (2023) MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN IKONSER CHANNEL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI TELEVISI MUSIK BERLANGGANAN. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti  (1).pdf] Text
2. Cover_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti (1).pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti .pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti.pdf] Text
3. Abstrak_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti .pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti .pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti .pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190037_Arinda Qurnia Yulfidayanti .pdf

Download (116kB)

Abstract

Televisi berlangganan atau pay TV menjadi salah satu bentuk perkembangan
industri penyiaran di Indonesia. Pasca reformasi, pay TV menunjukkan peningkatan
jumlah. Namun, di tahun 2020 pay TV menghadapi penurunan kuantitas dan minat
penonton. Di tengah kelesuan tersebut, iKonser Channel justru hadir sebagai
televisi musik berlangganan. Tantangan harus yang dihadapi oleh iKonser Channel
yakni adanya persaingan dengan media lain, seperti televisi free-to-air, platform
musik digital, dan layanan video on demand (VOD). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana manajemen media penyiaran yang diimplementasikan oleh
iKonser Channel dalam menghadapi tantangan tersebut sehinga dapat
mempertahankan eksistensinya. Teori yang digunakan adalah ekologi media milik
Dimmick & Rohtenbuhler (2006) dan manajemen media penyiaran milik Morissan
(2015). Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dan
memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang
diambil berasal dari sumber daya manusia (SDM) dan pelanggan iKonser Channel.
Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen media penyiaran di iKonser Channel
adalah melalui fungsi planning, organizing, actuating, dan controlling. Akan tetapi,
fungsi tersebut belum diimplementasikan dengan baik. Akibatnya, eksistensi
iKonser Channel yang ditinjau dari aspek type of content, type of capital, dan type
of audience menjadi kurang optimal. Faktor yang berperan besar terhadap capaian
eksistensi dan bertahannya iKonser Channel adalah supporting capital berupa kerja
sama antara Rajawali Indonesia dan IndiHome Telkom Indonesia. Meski demikian,
iKonser Channel perlu independensi manajemen untuk dapat meningkatkan
eksistensinya.
Kata kunci: Televisi berlangganan, manajemen media penyiaran, eksistensi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Televisi berlangganan, manajemen media penyiaran, eksistensi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:25
Last Modified: 20 Dec 2023 04:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38375

Actions (login required)

View Item View Item