PENGARUH KOMPATIBILITAS, INTERAKTIVITAS, DAN EFEKTIVITAS BIAYA TERHADAP KINERJA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM KULINER DI SLEMAN

KURNIALITA, ANDHITA MURIN (2023) PENGARUH KOMPATIBILITAS, INTERAKTIVITAS, DAN EFEKTIVITAS BIAYA TERHADAP KINERJA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM KULINER DI SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full_141180178_Andhita Murin Skripsi.pdf] Text
1. Skripsi Full_141180178_Andhita Murin Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf] Text
2. Cover_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf] Text
3. Abstrak_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf] Text
5. Daftar Isi_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_141180178_Andhita Murin Kurnialita.pdf

Download (146kB)

Abstract

PENGARUH KOMPATIBILITAS, INTERAKTIVITAS DAN
EFEKTIVITAS BIAYA TERHADAP KINERJA DENGAN PENGGUNAAN
MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Andhita Murin Kurnialita
NIM. 141180178
141180178@student.upnyk.ac.id
Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
ABSTRAK
Kompatibilitas, interaktivitas, dan efektivitas biaya yang merupakan dimensi dari
kapabilitas media sosial memotivasi keputusan penggunaan media sosial yang
dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja pada UMKM. Hal tersebut sejalan
dengan perkembangan teknologi informasi berbasis internet pada era digital yang
mendorong penggunaan media sosial dalam kegiatan operasi pada UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompatibilitas, interaktivitas,
dan efektivitas biaya terhadap kinerja usaha yang dimediasi oleh penggunaan media
sosial pada UMKM Kuliner di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Data
penelitian diperoleh dari 55 responden yang merupakan pelaku UMKM Kuliner di
Kabupaten Sleman yang telah menggunakan Instagram selama minimal satu tahun.
Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan
software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompatibilitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Interaktivitas berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja. Efektivitas biaya berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja. Kompatibilitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap penggunaan media sosial. Interaktivitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap penggunaan media sosial. Efektifitas biaya berpengaruh positif dan
signifikan terhadap penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan media sosial. Penggunaan
media sosial memediasi pengaruh kompatibilitas, interaktivitas, dan efektivitas
biaya terhadap kinerja.
Kata kunci: kinerja, kompatibilitas, interaktivitas, efektivitas biaya, penggunaan
media sosial

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kinerja, kompatibilitas, interaktivitas, efektivitas biaya, penggunaan media sosial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:10
Last Modified: 13 Dec 2023 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38327

Actions (login required)

View Item View Item