Prabowo, Wisnu Arimurti (2023) PENGARUH TERPAAN IKLAN BILLBOARD TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB DI SIMPANG KENTUNGAN, JALAN KALIURANG KM 6,5 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
1 Skripsi_Wisnu_Arimurti_P_153190110_(]baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2 Abstrak_Wisnu Arimurti P_153190110.pdf Download (11kB) |
|
Text
3 Cover_Wisnu Arimurti P_153190110.pdf Download (243kB) |
|
Text
4 PENGESAHAN_Wisnu_Arimurti_P_153190110_(]baru-4.pdf Download (117kB) |
|
Text
5 Daftar isi_Wisnu_Arimurti_P_153190110_baruu.pdf Download (69kB) |
|
Text
6 Daftar Pustaka_Wisnu Arimurti P_153190110.pdf Download (157kB) |
Abstract
xvi
ABSTRAK
Grab memanfaatkan pemasangan billboard dengan pesan singkat dan desain mencolok di
lokasi strategis untuk menciptakan kehadiran visual yang kuat di ruang publik,
membangun citra merek yang positif, dan memperluas jangkauan pasar mereka, menarik
konsumen potensial, serta memperkuat posisi mereka di industri transportasi online.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh terpaan iklan billboard terhadap
loyalitas pelanggan Grab di Simpang Kentungan, Jalan Kaliurang KM 6,5 Daerah
Istimewa Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah Mere Exposure Effect untuk
menunjukkan bahwa paparan berulang terhadap iklan dapat memengaruhi perilaku
konsumen. Dalam mengikuti paradigma positivistic, penelitian ini menggunakan
kuesioner untuk pengumpulan data. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan antara terpaan iklan billboard dan loyalitas pelanggan Grab,
dengan nilai t hitung yang signifikan (5,632) melebihi t tabel (1,984). Hasil ini menolak
hipotesis nol (Ho) dan menunjukkan bahwa terpaan iklan billboard memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan Grab di lokasi yang diteliti. Pengaruh ini
dapat dijelaskan sebanyak 24,5% oleh variabel terpaan iklan. Hasil penelitian ini
menggambarkan pentingnya pemasangan billboard sebagai strategi iklan dalam
memperluas jangkauan pasar Grab dan memperkuat citra merek mereka di industri
transportasi online. Penelitian ini memberikan wawasan yang bernilai dalam konteks
pemasaran dan periklanan, serta memberikan kontribusi pada pemahaman tentang
bagaimana terpaan iklan billboard dapat memengaruhi loyalitas pelanggan dalam
lingkungan yang spesifik.
Kata Kunci: Billboard, Grab, Loyalitas Pelanggan, Terpaan Iklan
xvii
ABSTRACT
Grab utilizes billboards with concise messages and striking designs in strategic locations
to create a strong visual presence in public spaces, build a positive brand image, and
expand their market reach, attract potential consumers, and strengthen their position in
the online transportation industry. This study aims to investigate the effect of billboard
advertising exposure on Grab customer loyalty at Kentungan Junction, Kaliurang Streen
KM 6,5 Special Region of Yogyakarta, Indonesia. The theory used is the Mere Exposure
Effect to show that repeated exposure to advertisements can influence consumer
behavior. In following the positivistic paradigm, this study used questionnaires for data
collection. Partial results showed that there is a significant influence between billboard
advertising exposure and Grab customer loyalty, with a significant t value (5.632)
exceeding t table (1.984). This result rejects the null hypothesis (Ho) and shows that
billboard advertising exposure has a significant influence on Grab customer loyalty in
the location studied. This effect can be explained as much as 24.5% by the advertising
exposure variable. The results of this study illustrate the importance of billboard
installation as an advertising strategy in expanding Grab's market reach and
strengthening their brand image in the online transportation industry. This study has
provided valuable insights in the context of marketing and advertising, and contributed
to the understanding of how billboard advertising exposure can influence customer
loyalty in a specific environment.
Keywords: Advertising Exposure, Customer Loyalty, Billboard, Grab
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising Exposure, Customer Loyalty, Billboard, Grab |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 03:35 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 03:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38315 |
Actions (login required)
View Item |