PERSONAL BRANDING SRI MULYANI SEBAGAI MENTERI KEUANGAN INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Prabaswara, Theresa Anindha (2023) PERSONAL BRANDING SRI MULYANI SEBAGAI MENTERI KEUANGAN INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf] Text
2. Cover_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190086_ Theresa Anindha Prabaswara.pdf] Text
3. Abstrak_153190086_ Theresa Anindha Prabaswara.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190086_Theresa Anindha Prabaswara.pdf

Download (139kB)

Abstract

Pada tahun 2023, perhatian terhadap Sri Mulyani meningkat seiring dengan kondisi
ekonomi global pasca pandemi dan terungkapnya praktik korupsi di Kementerian
Keuangan. Di tengah sorotan publik, Sri Mulyani tetap aktif di Instagram untuk
menguatkan personal branding dirinya. Penelitian ini menganalisis personal
branding Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Indonesia melalui akun
Instagramnya dalam rentang waktu 3 Juli 2023 hingga 3 Agustus 2023. Metode
yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif berdasarkan teori persamaan media
dari Byron Reeves dan Clifford Nass, serta delapan konsep personal branding oleh
Peter Montoya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sri Mulyani berhasil
memanfaatkan Instagram untuk mempertahankan personal branding dirinya
sebagai Menteri Keuangan yang berintegritas. Postingan pada akun Instagram Sri
Mulyani mencakup delapan konsep pembentukan personal branding, dengan dua
kategori yang dikuatkan yaitu kategori The Law of Specialization dan The Law of
Visibility. Pada kategori The Law of Specialization, Sri Mulyani menunjukkan
kemampuannya dalam memimpin, berkomunikasi, berkoordinasi, dan
menempatkan diri dalam ranah politik di Indonesia maupun internasional. Pada
kategori The Law of Visibility, Sri Mulyani secara konsisten memanfaatkan akun
Instagramnya untuk membuat dirinya selalu terlihat. Personal branding Sri
Mulyani tidak dapat dipisahkan dari perannya sebagai Menteri Keuangan, tetapi
juga melibatkan aspek pribadi dan keluarga, sehingga mencakup karakteristik
personal dan profesional.
Kata Kunci: Personal Branding, Sri Mulyani, Analisis Isi, Instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Sri Mulyani, Analisis Isi, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:23
Last Modified: 20 Nov 2023 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38160

Actions (login required)

View Item View Item