KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT WARA PT PUTRA PERKASA ABADI SITE PT ADARO INDONESIA, TABALONG, KALIMANTAN SELATAN

PUTRI, CALISSA FARRAZ (2023) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT WARA PT PUTRA PERKASA ABADI SITE PT ADARO INDONESIA, TABALONG, KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER SKRIPSI CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf] Text
COVER SKRIPSI CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf] Text
DAFTAR ISI CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of DRAFT SKRIPSI CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf] Text
DRAFT SKRIPSI CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of RINGKASAN CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf] Text
RINGKASAN CALISSA FARRAZ PUTRI.pdf

Download (75kB)

Abstract

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) merupakan salah satu perusahaan kontraktor
PT Adaro Indonesia (AI) yang bergerak dibidang pertambangan batubara. Sistem
penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka dengan metode open
pit mining. Aktivitas penambangan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan
pengangkutan. Penelitian ini dilakukan di Pit Wara PT Putra Perkasa Abadi Site PT
Adaro Indonesia (PPA-ADW) yang berada di Kabupaten Tabalong, Provinsi
Kalimantan Selatan.
Berdasarkan hasil penelitian, pada Bulan Januari 2023 – Maret 2023 terdapat
4 kecelakaan kerja yang mana 3 diantaranya terjadi pada kegiatan pengangkutan
overburden. Kecelakaan kerja tersebut disebabkan oleh kondisi tidak aman maupun
tindakan tidak aman.
Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja, maka perlu
dilakukan manajemen risiko pada kegiatan pengangkutan overburden untuk
mengurangi atau menghilangkan kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja yaitu
dengan melakukan identifikasi potensi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian
risiko menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assessment.
Berdasarkan hasil identifikasi bahaya pada kegiatan pengangkutan overburden
terdapat 10 potensi bahaya yang terdiri atas 6 kondisi tidak aman dan 4 tindakan
tidak aman. Kemudian dilakukan penilaian risiko yang mana diperoleh hasil berupa
1 risiko tingkat critical, 6 risiko tingkat high, 5 risiko tingkat medium, dan 0 risiko
tingkat low. Setelah dilakukan pengendalian risiko, tingkat risiko turun menjadi 0
risiko tingkat critical, 0 risiko tingkat high, 3 risiko tingkat medium, 10 risiko
tingkat low.
Dari hasil penelitian, diperlukan adanya evaluasi geometri jalan pada kegiatan
pengangkutan overburden. Dari hasil evaluasi geometri jalan masih terdapat
segmen jalan yang memerlukan perbaikan pada lebar jalan, kemiringan jalan
(grade), cross slope, superelevasi, dan tinggi tanggul pengaman (safety berm)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:55
Last Modified: 18 Oct 2023 06:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38001

Actions (login required)

View Item View Item