PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL KAPSUL BOBOBOX MALIOBORO YOGYAKARTA

SALSABILLA, NADA ANISA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL KAPSUL BOBOBOX MALIOBORO YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf] Text
COVER SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of PENGESAHAN SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf] Text
PENGESAHAN SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of FULLTEXT SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf] Text
FULLTEXT SKRIPSI_NADA ANISA SALSABILLA_154190057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor yang menentukan kepuasan konsumen
khususnya dalam industri perhotelan. Dalam industri perhotelan, para pelaku bisnis
berupaya bersaing dengan mengedepankan kualitas pelayanan yang terbaik guna
memberikan tingkat kepuasan yang maksimal kepada konsumen. Salah satu contohnya
adalah Hotel Kapsul Bobobox Malioboro, guna menciptakan kepuasan konsumen
Bobobox berinovasi dengan teknologi Internet of Things (IoT) dalam menunjang
berbagai fasilitas yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Hotel
Bobobox Malioboro. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan
metode survei. Penelitian ini menggunakan teori Customer Relationship Management
(CRM) yang merupakan strategi yang digunakan perusahaan untuk lebih memahami
kebutuhan pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan layanan. Sumber data
yang digunakan berupa data primer yang didapatkan dari kuesioner. Teknik pengambilan
sampel yaitu teknik non probality sampling dengan jenis pusposive sampling. Uji analisis
menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 23. Hasil
penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan
variabel Y, dibuktikan dengan hasil perhitungan t hitung lebih besar dibandingkan t tabel
yaitu sebesar 22,964 > 1,661, sehingga H0 ditolak Ha diterima. Tingkat hubungan antar
variabel tergolong sangat kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,918 yang terletak pada
interval 0,80-1,00. Hasil koefisien determinasi menjelaskan bahwa kualitas pelayanan
memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen yaitu sebesar 84,3%. Sebanyak 15,7%
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, Hotel, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Hotel, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:20
Last Modified: 16 Oct 2023 07:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37977

Actions (login required)

View Item View Item