STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK MINUMAN MENGGUNAKAN MATRIK IE DAN QSPM (Studi Pada Akkar Juice Bar Yogyakarta)

AMADEA, FRANSISCA VALENT (2023) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK MINUMAN MENGGUNAKAN MATRIK IE DAN QSPM (Studi Pada Akkar Juice Bar Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstraksi_Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf] Text
Abstraksi_Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Cover_Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf] Text
Cover_Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Skripsi_Fransisca_Valent_Amadea_152180045.pdf] Text
Daftar Isi_Skripsi_Fransisca_Valent_Amadea_152180045.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf] Text
Daftar Pustaka_Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Halaman PengesahanSkripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf] Text
Halaman PengesahanSkripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Full Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf] Text
Full Skripsi_Fransisca Valent Amadea_152180045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fransisca Valent Amadea, Nomor Induk Mahasiswa 152180045, Jurusan
Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Strategi Bauran
Pemasaran Pada Produk Minuman Menggunakan Matrik IE dan QSPM (Studi
Pada Akkar Juice Bar Yogyakarta)”. Pembimbing Ibu Sauptika Kancana sebagai
pembimbing I dan Ibu Ida Susi Dewanti sebagai pembimbing II.
Industri minuman di Indonesia pada beberapa tahun terakhir ini sedang
mengalami peningkatan dikarenakan adanya tren minuman yang terus
berkembang. Akkar Juice Bar Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam fenomena
tren minuman dengan konsep minuman yang menyehatkan yang juga turut
bersaingan dalam bisnis minuman. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
strategi bauran pemasaran yang tepat yang dapat direkomendasikan pada Akkar
Juice Bar Yogyakarta sehingga dapat terus mencapai target penjualan ditiap
tahunnya dan juga dapat terus bertahan, bersaing pada lingkungan kompetitif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan
data-data atau sebagai sumber datanya diambil melalui wawancara, observasi
serta dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan matrik IE yang dilengkapi
dengan matrik SWOT serta matrik QSPM. Informan dalam penelitian ini terdiri
dari direktur yang sekaligus sebagai pemilik, manajer dan karyawan Akkar Juice
Bar Yogyakarta.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan matrik EFE dan
matrik IFE yang kemudian dicocokkan menggunakan matrik IE berada pada
posisi “tumbuh dan dibangun” yang kemudian dilengkapi dengan menggunakan
matrik SWOT sehingga menghasilkan strategi intensif (penetrasi pasar,
pengembangan pasar dan pengembangan produk) pada matrik IE.
Hasil akhir pada matrik QSPM menunjukkan bahwa memanfaatkan tempat
fitness atau gym untuk menawarkan kerja sama dalam menjual cold pressed juice
milik Akkar Juice Bar Yogyakarta adalah alternatif strategi yang tepat atau
sebagai alternatif strategi prioritas bagi Akkar Juice Bar Yogyakarta
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Bauran Pemasaran, Perumusan Strategi, Matrik IE, Matrik SWOT, Matrik QSPM.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Bauran Pemasaran, Perumusan Strategi, Matrik IE, Matrik SWOT, Matrik QSPM
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:05
Last Modified: 06 Oct 2023 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37888

Actions (login required)

View Item View Item