DIPLOMASI JEPANG TERHADAP INDONESIA MELALUI PROGRAM COOL JAPAN PADA TAHUN 2012-2022

PUTRI, ZAHRA TSANIYA MUSTIKA (2023) DIPLOMASI JEPANG TERHADAP INDONESIA MELALUI PROGRAM COOL JAPAN PADA TAHUN 2012-2022. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf] Text
COVER SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_ZAHRA TSANIYA MUSTIKA PUTRI_151190130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kekalahan yang dialami Jepang setelah Perang Dunia kedua membuat ekonomi
Jepang sempat menurun dan juga membuat citra Jepang dipandang buruk oleh
internasional. Untuk menaikan ekonomi negaranya dan ingin dipandang negara
yang mempunyai citra yang baik, Jepang menggunakan soft diplomacy untuk
memenuhi kepentingannya. Guna melancarkan tujuannya, Jepang menggunakan
budaya populernya sebagai bahan diplomasinya yang akan diperkenalkan kepada
global. Budaya populer Jepang yang digunakan di dalam diplomasinya ialah musik,
animasi, film, mode, kuliner, dan lainnya. Oleh karena itu, Jepang membentuk
program Cool Japan untuk memberbaiki citra negaranya dengan mempromosikan
budaya populernya kepada global. Indonesia merupakan salah satu negara yang
menjadi tujuan dari program Cool Japan. Teori yang digunakan untuk menjawab
permasalahn diatas adalah menggunakan teori diplomasi kebudayaan dan metode
yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini ditemukan bahwa
program Cool Japan di Indonesia menggunakan bentuk Eksibisi dan Propaganda
dengan terlibatnya aktor, baik pemerintah maupun non-pemerintah memiliki
kesamaan dalam menyebarkan program Cool Japan di Indonesia.
Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Budaya Populer Jepang, Cool Japan, Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Budaya, Budaya Populer Jepang, Cool Japan, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:39
Last Modified: 06 Oct 2023 02:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37873

Actions (login required)

View Item View Item