STRATEGI BRANDING IMOKEY DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM @IMOKEY.ID

Sekaringtyas, Maria Dewi (2023) STRATEGI BRANDING IMOKEY DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM @IMOKEY.ID. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Maria.pdf] Text
1. Skripsi Maria.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 3. cover.pdf] Text
3. cover.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4. lembar pengesahan.pdf] Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 5. daftar isi.pdf] Text
5. daftar isi.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 6. daftar pustaka.pdf] Text
6. daftar pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

ABSTRAK
Imokey merupakan brand lokal asli Yogyakarta yang bergerak pada bidang fashion.
Melalui instagram @imokey.id, Imokey memanfaatkan media sosial instagram
sebagai salah satu sarana komunikasi dengan konsumennya. Sebagai brand lokal,
penting bagi Imokey untuk meningkatkan brand awareness bagi target pasarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Imokey dalam meningkatkan
brand awareness melalui instagram @imokey.id. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori perencanaan oleh
Charles R. Berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tahapan dalam
strategi yang digunakan oleh Imokey untuk meningkatkan brand awareness melalui
instagram @imokey.id. Tahapan tersebut terdiri dari 1) pemilihan konten pilar, 2)
penentuan timeline, 3) placement update, 4) produksi konten, 5) upload konten, dan
6) evaluasi. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dengan
cara berinteraksi dengan konsumennya. Strategi yang digunakan dinilai belum
maksimal karena belum mempengaruhi konsumen hingga pada tingkat konatif yaitu
melakukan transaksi, namun masih sebatas tingkat kognitif yang ditandai dengan
meningkatnya insight dan followers.
Kata kunci: Imokey, brand awareness, perencanaan
ABSTRACT
Imokey is a local brand originally from Yogyakarta which operates in the fashion
sector. Through Instagram @imokey.id, Imokey uses Instagram social media as a
means of communication with its consumers. As a local brand, it is important for
Imokey to increase brand awareness for its target market. This research aims to
determine Imokey's strategy in increasing brand awareness via Instagram
@imokey.id. The research method used is descriptive qualitative with data
collection techniques in the form of interviews and literature studies. The theory
used is planning theory by Charles R. Berger. The research results show that there
are stages in the strategy used by Imokey to increase brand awareness via
Instagram @imokey.id. These stages consist of 1) selecting pillar content, 2)
determining the timeline, 3) placement updates, 4) content production, 5) uploading
content, and 6) evaluation. This strategy aims to increase brand awareness by
interacting with consumers. The strategy used is considered not optimal because it
has not influenced consumers at the conative level, namely carrying out
transactions, but is still limited to the cognitive level which is marked by increased
insight and followers.
Keywords: Imokey, brand awareness, planning

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Imokey, brand awareness, planning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:16
Last Modified: 29 Sep 2023 06:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37731

Actions (login required)

View Item View Item