ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK (STUDI PADA PRODUK NUTRISHE)

Adinda, Regina Merah (2023) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK (STUDI PADA PRODUK NUTRISHE). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of SKRIPSI_REGINA MERAH ADINDA_153180084.pdf] Text
SKRIPSI_REGINA MERAH ADINDA_153180084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

xi
ABSTRAK
Tingginya minat dan permintaan atau yang disebut high demand terhadap produk
kecantikan lokal semakin besar. Untuk bisa tetap bertahan di persaingan pasar,
para pemilik merek harus kreatif dan inovatif dalam merancang strategi
pemasaran. Salah satu nya menggunakan berbagai media pemasaran yang terbaru
seperti TikTok. Berawal hanya sebatas media berkomunikasi, berkembangnya
teknologi menjadikan media sosial khususnya TikTok memiliki banyak fungsi,
pemasaran salah satunya. Brand yang tergolong pionir menggunakan TikTok
sebagai media pemasaran adalah Nutrishe. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi bagaimana Nutrishe menerapkan strategi pemanfaatan media
sosial pada media sosial TikTok untuk kepentingan promosi. Teori yang
digunakan pada penelitian ini adalah Social Media Marketing Strategy. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan data yang diperoleh
dari wawancara yang dilakukan dengan tim internal Nutrishe dan analisis
beberapa sampel konten TikTok Nutrishe yang memiliki lebih dari 200 ribu
pengikut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemasaran yang dilakukan
Nutrishe menggunakan TikTok sangat efisien, sebagai sarana meningkatkan
brand awareness dari Nutrishe itu sendiri. Selain itu, dari akun milik Nutrishe dan
fitur yang ada, TikTok dapat memberikan pengaruh langsung ke hasil penjualan
karena konsumen dapat melakukan transaksi secara langsung melalui fitur dari
TikTok itu sendiri.
Kata kunci: Nutrishe, Komunikasi Pemasaran, Social Media Marketing Strategy,
TikTok sebagai media baru
xii
ABSTRACT
The high interest or high demand for local beauty product is getting bigger. To be
able to survive in market competition, brand owners have to be creative and
innovative in designing marketing strategies. One of them is using the latest
marketing media, one of which is TikTok. Starting as just a communication
medium, the development of technology has made social media, especially TikTok
have many other functions, marketing is one of them. A brand that is classified as
a pioneer using TikTok as a marketing medium is Nutrishe. The purpose of this
research is to identify how Nutrishe implements social media utilization strategies
on TikTok social media fo promotional purposes. The theory used in this research
is Social Media Marketing Strategy. This study used descriptive qualitative
method. Using data obtained from interviews conducted with the Nutrishe internal
team and analysis of several sampels of Nutrishe’s TikTok content which has
more tham 200 thousand followers. The result of this study show that the
marketing carried out by Nutrishe using TikTok is very efficient, as it means of
increasing brand awareness of Nutrishe itself. Beside that, from Nutrishe’s
account and existing features, TikTok made direct influence on sales results
because consumers can make transaction directly through the features of TikTok
itself.
Keywords: Nutrishe, Marketing, Social Media Marketing Strategy, TikTok is the
new media

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nutrishe, Marketing, Social Media Marketing Strategy, TikTok is the new media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:15
Last Modified: 22 Sep 2023 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37629

Actions (login required)

View Item View Item