Faza, Muhammad Farisa (2023) PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS ONLINE SHOP INSTAGRAM @OGOS.PANTS. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak.pdf Download (20kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (164kB) |
|
Text
Daftar ISI.pdf Download (410kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) |
|
Text
FILE SKRIPSI MUHAMMAD FARISA FAZA 153180024 REVISI SIDANG (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (426kB) |
Abstract
Di era sekarang ini, fashion menjadi industri yang menjanjikan sehingga
mendorong para pelaku industri dalam konteks ini yaitu pelaku industri bidang
fashion, kemudian memanfaatkan penggunaan kemajuan teknologi seperti sosial
media sebagai media jual beli online salah satunya Instagram. Pemanfaatan
kemajuan teknologi tersebut akhirnya menjadi tantangan bagi para pelaku industri
fashion untuk bisa memasarkan produknya di media sosial agar bisa mendapatkan
pangsa pasar. Namun, tidak semua pelaku industri mampu memanfaatkan hal
tersebut. Akun Instagram online shop @ogos.pants menjadi akun sosial media
yang mempromosikan produknya untuk kemudian membantu para pengguna
media sosial menemukan produk tersebut. Di dalam konten yang disajikan
menggunakan jenis komunikasi persuasif dengan mengemas berbagai foto dan
video yang informatif sehingga diasumsikan dapat membentuk sebuah keputusan
pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh terpaan media
sosial terhadap keputusan pembelian followers online shop Instagram
@ogos.pants. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratification dan
Model AISAS dengan kerangka konsep berupa terpaan media dan media baru.
Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data regresi
linier sederhana. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability
sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Solvin sehingga didapatkan
100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment, diketahui
nilai koefisiensi 0,721 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil perhitungan analisis
regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisiensi sebesar 17.148 yang
menunjukkan terdapat pengaruh positif antara terpaan media dan keputusan
pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji signifikan
T sebesar 10.306 sehingga dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Nilai determinasi sebesar 0,721 yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh antara
terpaan media sosial terhadap keputusan pembelian followers online shop
Instagram @ogos.pants sebesar 52% melalui indikator terpaan media yaitu
frekuensi, durasi, dan intensitas.
Kata Kunci: Terpaan Media, Keputusan Pembelian, Media Baru, Fashion
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Media, Keputusan Pembelian, Media Baru, Fashion |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 01:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 01:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37601 |
Actions (login required)
View Item |