BRANDING KAMPUNG WISATA PURBAYAN SEBAGAI KAMPUNG PUSAKA DAN PENJAGA TRADISI OLEH POKDARWIS DAN DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA

BAKTI, DWI SAKTI (2023) BRANDING KAMPUNG WISATA PURBAYAN SEBAGAI KAMPUNG PUSAKA DAN PENJAGA TRADISI OLEH POKDARWIS DAN DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 Skripsi_Dwi Sakti Bakti_153190118 terbaru.pdf] Text
1 Skripsi_Dwi Sakti Bakti_153190118 terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 3 COVER-1.pdf] Text
3 COVER-1.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4 LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf] Text
4 LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Potensi Kampung Wisata Purbayan yang meliputi situs sejarah Kerajaan Mataram,
pengrajin perak, kesenian, dan kuliner dapat diangkat menjadi daya tarik wisata.
Pada event Kegiatan Pendampingan Kampung Wisata Menuju Anugerah Desa
Wisata Indonesia 2022 berhasil meraih juara harapan dua, kemudian pada event
Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023, Kampung Wisata Purbayan masuk dalam
peringkat ke-75. Upaya branding yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota
Yogyakarta adalah menjadikan Kampung Wisata Purbayan sebagai Kampung
Pusaka dan Penjaga Tradisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
branding Kampung Wisata Purbayan oleh POKDARWIS dan Dinas Pariwisata
Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa branding Kampung Wisata Purbayan dilakukan melalui
berbagai tahapan yaitu tahap persiapan branding yang meliputi FGD rencana
koordinasi awal dan survei potensi, dan persiapan kelembagaan oleh
POKDARWIS dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan tokoh masyarakat.
Tahap selanjutnya analisis data yang meliputi penemuan masalah dan
pengelompokkan potensi wisata yang dilakukan dengan metode FGD. Tahap
ketiga yaitu penyusunan branding yang meliputi pembuatan konsep, logo, dan
tagline. Kemudian tahap finalisasi meliputi promosi dan launching branding.
Melalui branding turut mengenalkan Kampung Wisata Purbayan sebagai
Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi secara lebih luas. Selain itu dampak yang
dirasakan dapat meningkatkan perekonomian Kampung Wisata Purbayan.
Kata kunci: Branding, Pariwisata, Kampung Wisata Purbayan, POKDARWIS dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Branding, Pariwisata, Kampung Wisata Purbayan, POKDARWIS dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:50
Last Modified: 18 Sep 2023 08:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37555

Actions (login required)

View Item View Item