MASUBAGYA, MUHAMMAD SAYFAL ADLI (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN RISK PERCEPTION TERHADAP DESTINATION IMAGE SERTA DAMPAKNYA PADA INTENTION TO VISIT (Studi Pada Orang yang Belum Berkunjung Ke Objek Wisata Taman Sari Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. COVER.pdf Download (71kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (433kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Muhammad Sayfal Adli Masubagya, Nomor induk Mahasiswa
152170071, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul
penelitian “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Risk Perception Terhadap
Destination Image Serta Dampaknya Pada Intention to Visit” (Studi Pada
Wisatawan yang Belum Berkunjung Ke Objek Wisata Taman Sari Yogyakarta).
Pembibimbing I Dr. Eny Endah Pujiastuti, S.Sos, M.Si dan Pembibimbing II Dr.
Hastho Joko Nur Utomo , S.Sos., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word of
Mouth dan Risk Perception Terhadap Destination Image Serta Dampaknya Pada
Intention to Visit (Studi Pada Wisatawan yang Belum Berkunjung Ke Objek Wisata
Taman Sari Yogyakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang belum
melakukan kunjungan ke Objek Wisata Taman Sari Yogyakarta yang berdomisili
di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tipe
penelitian eksplanatori dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
adalah orang yang belum melakukan kunjungan ke Objek Wisata Taman Sari
Yogyakarta yang berdomisili di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak
184 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling.
Teknik analisis data menggunaka Teknik analisis deskriptif dan Teknik analisis
inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Electronic word of
mouth berpengaruh signifikan terhadap destination image,risk perception
berpengaruh signifikan terhadap destination image, electronic word of mouth
berpengaruh signifikan terhadap intention to visit, risk perception berpengaruh
signifikan terhadap intention to visit, destination image berpengaruh signifikan
terhadap intention to visit, electronic word of mouth berpengaruh signifikan
terhadap intention to visit melalui destination image, dan risk perception
berpengaruh signifikan terhadap intention to visit melalui detination image.
Berdasarkan hasil penelitian, Objek Wisata Taman Sari Yogyakarta harus
mampu memperhatikan dan meningkatkan informasi dari wisatawan melalui
internet (electronic word of mouth) dan risiko yang dipersepsikan wisatawan ketika
hendak melakukan kunjungan supaya menimbulkan citra destinasi yang positif
dibenak wisatawan sehingga mampu menciptakan niat untuk berkunjung pada
wisatawan ke Objek Wisata Taman Sari Yogyakarta.
Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Risk Perception, Destination Image,
Intention to Visit
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Risk Perception, Destination Image, Intention to Visit |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:11 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37331 |
Actions (login required)
View Item |