POLA KOMUNIKASI BARISTA PENYANDANG DISABILITAS DAN KONSUMEN DI SUNYI COFFEE YOGYAKARTA UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

Cahyani, Azizah Putri (2023) POLA KOMUNIKASI BARISTA PENYANDANG DISABILITAS DAN KONSUMEN DI SUNYI COFFEE YOGYAKARTA UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf] Text
Cover_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of Abstrak_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf] Text
Abstrak_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf] Text
Daftar Isi_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf] Text
Daftar Pustaka_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153190074_azizah Putri Cahyani.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153190074_azizah Putri Cahyani.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153190074_Azizah Putri Cahyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penyandang disabilitas sering mendapatkan ketidaksetaraan dalam kehidupan di
masyarakat, termasuk dalam pemberdayaan di ranah pekerjaan. Pekerjaan dalam
bidang pelayanan sangat mengandalkan kemampuan komunikasi yang baik untuk
berinteraksi dengan pelanggannya. Sunyi Coffee Yogyakarta hadir dengan konsep
yang berbeda dengan kafe-kafe yang lain yaitu dengan mempekerjakan penyandang
disabilitas tuli sebagai baristanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pola komunikasi antara barista tuli dan konsumen serta mengetahui hambatan
komunikasi yang terjadi di Sunyi Coffee Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan
teori komunikasi antarpribadi dan pola komunikasi. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola komunikasi antara barista penyandang disabilitas dan
konsumen adalah pola komunikasi bintang. Pola komunikasi bintang
menggambarkan adanya interaksi yang bebas antar anggotanya serta terdapat
umpan balik atas pesan yang dikirimkan. Temuan lain dalam penelitian ini adalah
cara berkomunikasi antara barista dan konsumen menggunakan BISINDO yang
mana juga menjadi pembeda dengan coffee shop pada umumnya. Penggunaan
BISINDO juga mampu menjadikan kafe ini mempunyai konsep ‘new experience’
untuk mempertahankan pelanggannya. Lokasi, suasana, serta konsep bangunan
juga menjadi faktor pendukung untuk mempertahankan pelanggan di Sunyi Coffee
Yogyakarta. Penelitian ini juga menemukan adanya hambatan-hambatan dalam
komunikasi yang terjadi yaitu hambatan fisiologis,fisik, dan semantik.
Kata kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Disabilitas, Sunyi Coffee

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Disabilitas, Sunyi Coffee
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:42
Last Modified: 31 Aug 2023 07:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37301

Actions (login required)

View Item View Item