PERSEPSI PELANGGAN PADA KUALITAS PELAYANAN JASA BIMBEL ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE- PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN INDEKS POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Pada Pelanggan Bimbingan Belajar Ruangguru Ring Road Barat Gamping)

Elyondri, Rahma (2021) PERSEPSI PELANGGAN PADA KUALITAS PELAYANAN JASA BIMBEL ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE- PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN INDEKS POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Pada Pelanggan Bimbingan Belajar Ruangguru Ring Road Barat Gamping). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf

Download (298kB)
[thumbnail of ABSTRAKS.pdf] Text
ABSTRAKS.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (6).pdf] Text
DAFTAR ISI (6).pdf

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (3).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (294kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN (2).pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN (2).pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Skripsi Fix Rahma Elyondri 152160089.pdf] Text
Skripsi Fix Rahma Elyondri 152160089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui persepsi pelanggan pada kualitas jasa
Bimbel Online Ruangguru Yogyakarta dengan menggunakan metode Importance
Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain Customer Value (PGCV).
Metode pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner google form. Penelitian
ini dilakukan di Ruang Guru Ring Road Barat Gamping Kabupaten Sleman, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Analisis deskriptif, metode
IPA dan PGCV. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Ruangguru Gamping
Yogyakarta. Penentuan jumlah sampel akan ditentukan dengan level of confidance 90%
dan margin of error sebesar 10% maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 100
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Non probability sampling dengan
pendekatan Accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kesesuaian antara kepentingan
(Importance) pelanggan dan kinerja (performance) perusahaan terhadap kualitas jasa
yang diberikan oleh Bimbel Online Ruangguru Gamping Yogyakarta memiliki rata –
rata tingkat kesesuaian dibawah 100 % yaitu sebesar 96,13%. yang berarti kualitas
layanan Bimbel Online Ruangguru Gamping Yogyakarta kurang atau tidak memenuhi
apa yang dianggap penting oleh pelanggan dan pelayanan belum memuaskan.Metode
Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain in Customer Value
(PGCV) memberikan urutan prioritas perbaikan pada kuadran prioritas utama (kuadran
A) dalam diagram kartesius dengan urutan sebagai berikut 1) Pengajar Bimbel Online
Ruangguru mampu menyampaikan materi pembelajaran yang dijelaskan kepada
pelanggan. (2) Pengajar Bimbel Online Ruangguru mampu menjelaskan materi dengan
baik, jelas, dan dimengerti. (P3).
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain
Customer Value (PGCV)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Jasa, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:35
Last Modified: 28 Aug 2023 06:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37214

Actions (login required)

View Item View Item