ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PLN (PERSERO) UP3 YOGYAKARTA (Studi Kasus Pada Program Rumah BUMN di Gunung Kidul)

Alifiani, Nur Annisa Alifiani (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PLN (PERSERO) UP3 YOGYAKARTA (Studi Kasus Pada Program Rumah BUMN di Gunung Kidul). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER-2.pdf] Text
COVER-2.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI-1.pdf] Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-3.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-3.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Completed!.pdf] Text
Lembar Pengesahan Completed!.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap_Nur Annisa Alifiani.pdf] Text
Skripsi Lengkap_Nur Annisa Alifiani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak buruk bagi sektor Pariwisata di Yogyakarta. Pada bulan Juli 2020, Dinas Pariwisata DIY mengusung aplikasi bernama Visiting Jogja yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan berwisata dan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam kegiatan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap komunikasi krisis pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY melalui aplikasi Visiting Jogja sebagai tindakan yang diambil dalam menyikapi kondisi pandemi COVID-19. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY dalam melakukan komunikasi krisis pariwisata dan mencari tahu apakah tujuan dari komunikasi tersebut telah tercapai atau belum. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara mendalam dan kajian dokumen serta arsip. Penelitian ini menggunakan dua teori utama yaitu teori komunikasi krisis dan teori ekologi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Dinas Pariwisata DIY telah melakukan berbagai upaya komunikasi krisis menanggapi pandemi COVID-19 yang menyerang sektor pariwisata di Yogyakarta, namun tujuan dari aplikasi Visiting Jogja belum sepenuhnya tercapai dikarenakan beberapa hambatan, salah satu hambatannya adalah pesan mengenai penggunaan aplikasi Visiting Jogja ini belum merata kepada seluruh wisatwan yang berkunjung ke Yogyakarta. Hambatan lainnya adalah adanya aplikasi berbasis online lain yang sudah lebih dikenal dan diterapkan di beberapa destinasi wisata di Yogyakarta.
Kata Kunci : Komunikasi Krisis, Pariwisata, Visiting Jogja, COVID-19, Yogyakarta

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:28
Last Modified: 28 Aug 2023 06:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37213

Actions (login required)

View Item View Item