KOMUNIKASI KRISIS PARIWISATA MELALUI APLIKASI VISITING JOGJA DI ERA PANDEMI COVID-19

TANTRI, JEANNE (2021) KOMUNIKASI KRISIS PARIWISATA MELALUI APLIKASI VISITING JOGJA DI ERA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar isi.pdf] Text
Daftar isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka (2).pdf] Text
Daftar Pustaka (2).pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Halaman Judul.pdf] Text
Halaman Judul.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of SKRIPSI FINAL_ Jeanne Tantri_NIM153170076_23Maret21.pdf] Text
SKRIPSI FINAL_ Jeanne Tantri_NIM153170076_23Maret21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak buruk bagi sektor Pariwisata di
Yogyakarta. Pada bulan Juli 2020, Dinas Pariwisata DIY mengusung aplikasi bernama
Visiting Jogja yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan berwisata dan juga tetap
memperhatikan protokol kesehatan dalam kegiatan pariwisata. Penelitian ini bertujuan
untuk melakukan evaluasi terhadap komunikasi krisis pariwisata yang dilakukan oleh
Dinas Pariwisata DIY melalui aplikasi Visiting Jogja sebagai tindakan yang diambil
dalam menyikapi kondisi pandemi COVID-19. Evaluasi ini dilakukan untuk
mengetahui bagaimana proses yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY dalam
melakukan komunikasi krisis pariwisata dan mencari tahu apakah tujuan dari
komunikasi tersebut telah tercapai atau belum. Metode penelitian dalam penelitian ini
adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
melalui wawancara mendalam dan kajian dokumen serta arsip. Penelitian ini
menggunakan dua teori utama yaitu teori komunikasi krisis dan teori ekologi media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Dinas Pariwisata DIY telah melakukan
berbagai upaya komunikasi krisis menanggapi pandemi COVID-19 yang menyerang
sektor pariwisata di Yogyakarta, namun tujuan dari aplikasi Visiting Jogja belum
sepenuhnya tercapai dikarenakan beberapa hambatan, salah satu hambatannya adalah
pesan mengenai penggunaan aplikasi Visiting Jogja ini belum merata kepada seluruh
wisatwan yang berkunjung ke Yogyakarta. Hambatan lainnya adalah adanya aplikasi
berbasis online lain yang sudah lebih dikenal dan diterapkan di beberapa destinasi
wisata di Yogyakarta.
Kata Kunci : Komunikasi Krisis, Pariwisata, Visiting Jogja, COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Krisis, Pariwisata, Visiting Jogja, COVID-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:48
Last Modified: 28 Aug 2023 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37198

Actions (login required)

View Item View Item