PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswi FISIP 2019-2022 UPN “Veteran” Yogyakarta Konsumen Produk Somethinc)

LATHIFA, NADHIRA SHAFA (2023) PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswi FISIP 2019-2022 UPN “Veteran” Yogyakarta Konsumen Produk Somethinc). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.SKRIPSI FULL_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf] Text
1.SKRIPSI FULL_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 2.COVER SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf] Text
2.COVER SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 3.HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf] Text
3.HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4.DAFTAR ISI SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf] Text
4.DAFTAR ISI SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 5.ABSTRAK SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf] Text
5.ABSTRAK SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 6.DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf] Text
6.DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_NADHIRA SHAFA LATHIFA_152190083.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menguji dan menganalisis “Pengaruh Iklan di
Media Sosial TikTok dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan
Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Sampel pada penelitian ini
sebanyak 69 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial
Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan di Media Sosial TikTok (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z), Iklan di Media Sosial TikTok
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Electronic Word of Mouth
(e-WOM) (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z), Electronic Word of
Mouth (e-WOM) (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y),
Minat Beli (Z) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Iklan di
Media Sosial TikTok (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)
melalui Minat Beli (Z), Electronic Word of Mouth (e-WOM) (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Minat Beli (Z).
Berdasarkan hasil penelitian, produk kecantikan Somethinc harus
memaksimalkan serta meningkatkan penilaian pada Iklan di Media Sosial TikTok dan
memanfaatkan komunikasi Electronic Word of Mouth (e-WOM) dengan cara
menciptakan interaksi dengan konsumen serta terus mengevaluasi segala komentar
atau review yang diberikan konsumen agar dapat menciptakan minat beli yang tinggi
terhadap konsumennya, sehingga minat beli tersebut dapat menciptakan keputusan
pembelian terhadap produk kecantikan Somethinc.
Kata kunci: Iklan di Media Sosial TikTok, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Minat
Beli, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan di Media Sosial TikTok, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Minat Beli, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:21
Last Modified: 24 Aug 2023 08:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37148

Actions (login required)

View Item View Item