PENGARUH DESTINATION ATTRACTIVENESS TERHADAP DESTINATION IMAGE DAN PLACE ATTACHMENT SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Objek Wisata Obelix Hills Yogyakarta)

Agustin, Sasi (2023) PENGARUH DESTINATION ATTRACTIVENESS TERHADAP DESTINATION IMAGE DAN PLACE ATTACHMENT SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Objek Wisata Obelix Hills Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.SKRIPSI FULL _Sasi Agustin_152190104.pdf] Text
1.SKRIPSI FULL _Sasi Agustin_152190104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2.COVER _Sasi Agustin_152190104.pdf] Text
2.COVER _Sasi Agustin_152190104.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 3.PENGESAHAN _Sasi Agustin_152190104.pdf] Text
3.PENGESAHAN _Sasi Agustin_152190104.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4.ABSTRAK _Sasi Agustin_152190104.pdf] Text
4.ABSTRAK _Sasi Agustin_152190104.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5.DAFTAR ISI _Sasi Agustin_152190104.pdf] Text
5.DAFTAR ISI _Sasi Agustin_152190104.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka _Sasi Agustin_152190104.pdf] Text
6. Daftar Pustaka _Sasi Agustin_152190104.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Destination Attractiveness
terhadap Destination Image dan Place Attachment serta Dampaknya pada Revisit
Intention (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Obelix Hills di
Yogyakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Obelix Hills yang
jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory
dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah
wisatawan yang sudah pernah berkunjung sebanyak satu kali ke objek wisata Obelix
Hills. Ukuran sampel dengan 167 responden didapatkan dari perhitungan rumus
Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality sampling
dan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dengan data tabel dan persentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Destination attractiveness
berpengaruh signifikan terhadap destination image, destination attractiveness
berpengaruh signifikan terhadap place attachment, Destination image berpengaruh
signifikan terhadap place attachment, destination image berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, place attachment berpengaruh signifikan terhadap revisit
intention, destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap revisit intention,
destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui
destination image, destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap revisit
intention melalui place attachment, destination attractiveness berpengaruh signifikan
terhadap place attachment melalui destination image, destination image berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention melalui place attachment. Berdasarkan hasil
penelitian, Objek wisata Obelix Hills harus mampu memperhatikan daya tarik yang
ditawarkan agar dapat meningkatkan penilaian yang positif wisatawan terhadap
destinasi wisata sehingga menumbuhkan keterikatan dalam benak konsumen terhadap
destinasi wisata sehingga wisatawan memiliki niat untuk mengunjungi kembali
Obelix Hills di masa depan.
Kata kunci: Destination Attractiveness, Destination Image, Place
Attachment, Revisit Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Destination Attractiveness, Destination Image, Place Attachment, Revisit Intention
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:59
Last Modified: 24 Aug 2023 07:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37142

Actions (login required)

View Item View Item