ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIJI KOPI ROASTING PADA PIER COFFEE ROASTERS DI KOTA YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Bustan, Davin Ramadhian (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIJI KOPI ROASTING PADA PIER COFFEE ROASTERS DI KOTA YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 135160094 NASKAH SKRIPSI DAVIN RAMADHIAN BUSTAN.pdf] Text
135160094 NASKAH SKRIPSI DAVIN RAMADHIAN BUSTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK 135160094 DAVIN RAMADHIAN B.pdf] Text
ABSTRAK 135160094 DAVIN RAMADHIAN B.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of COVER 135160094 DAVIN RAMADHIAN B.pdf] Text
COVER 135160094 DAVIN RAMADHIAN B.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI 135160094 DAVIN RAMADHIAN BUSTAN.pdf] Text
DAFTAR ISI 135160094 DAVIN RAMADHIAN BUSTAN.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA 135160094 DAVIN RAMADHIAN B.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA 135160094 DAVIN RAMADHIAN B.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_135160094_DAVIN RAMADHIAN BUSTAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_135160094_DAVIN RAMADHIAN BUSTAN.pdf

Download (47kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman penjualan biji kopi roasting pada Pier Coffee Roasters, 2). Mengetahui
strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan biji kopi roasting pada
Pier Coffee Roasters. Metode penelitian menggunakan metode Deskriptif. Metode
penentuan lokasi adalah purposive. Metode pengambilan responden menggunakan
metode purposive. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi,
dokumentasi, studi pustaka, dan kuisioner. Teknik analisis data Evaluasi Faktor
Internal (IFE), Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE),
matriks Strengths, Weakness Opportunities, Threats (SWOT), matriks Quantitative
Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor
internal kekuatan pada Pier Coffee Roasters yaitu Pier Coffee Roasters menggunakan
bahan baku biji kopi mentah (green bean) yang berkualitas. Sedangkan faktor
internal kelemahan pada Pier Coffee Roasters yaitu Pier Coffee Roasters teknologi
peralatan Pier Coffee Roasters yang masih kurang maksimal. Faktor eksternal yang
menjadi peluang pada Pier Coffee Roasters adalah teknologi internet sebagai sarana
promosi biji kopi roasting. Sedangkan ancaman pada Pier Coffee Roasters adalah
bertambahnya usaha yang sejenis. (2) Strategi yang tepat untuk Pier Coffee Roasters
adalah melakukan strategi memperluas pengenalan produk biji kopi roasting dengan
mengikuti kegiatan pameran kopi sehingga masyarakat luas dapat lebih mengenal
produk Pier Coffee Roasters.
Kata kunci: Internal Factor Evaluation, Eksternal Factor Evaluation, Kopi, Strategi
Pemasaran, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internal Factor Evaluation, Eksternal Factor Evaluation, Kopi, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:44
Last Modified: 09 Aug 2023 07:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36840

Actions (login required)

View Item View Item