SETYAWAN, ISA (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN KRIPIK BELUT PADA UMKM CITRA RASA DI DESA MARGOLUWIH KAPANEWON SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
[ABSTRACT ING] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Download (399kB) |
|
Text
[ABSTRAK IND] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Download (413kB) |
|
Text
[COVER] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
[DAFTAR ISI] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Download (228kB) |
|
Text
[DAFTAR PUSTAKA] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Download (438kB) |
|
Text
[LEMBAR PENGESAHAN] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
[SKRIPSI FULL] 135160013_ISA SETYAWAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
viii
Isa Setyawan. 2023. Analisis Efisiensi Pemasaran dan Strategi Pemasaran Kripik
Belut pada UMKM Citra Rasa di Desa Margoluwih Kapanewon Seyegan
Kabupaten Sleman. Dibawah arahan Indah Widowati dan Heni Handri Utami.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Menganalisis margin pemasaran masing-
masing saluran pemasaran kripik belut pada UMKM Citra Rasa; 2. Menganalisis
efisiensi pemasaran kripik belut Citra Rasa pada masing-masing saluran pemasaran
yang ada; 3. Menganalisis strategi pemasaran UMKM Citra Rasa. Metode dasar
yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian ini
menggunakan metode survey. Metode penentuan lokasi adalah dengan metode
study kasus. Metode pengambilan sampel UMKM menggunakan metode purposive
sampling. Sampel pedagang perantara dan konsumen ditentukan dengan metode
snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, data
primer dan data sekunder. Teknik analisis dilakukan dengan analisis efisiensi
pemasaran, analisis descriptive untuk strategi pemasaran dan analisis margin
pemasaran. Hasil penelitian pada saluran pemasaran pendek, diperoleh margin
sebesar Rp 16.750/kg. Saluran pemasaran panjang, margin pedagang pengumpul
sebesar Rp 12.000, dan pedagang pengecer diperoleh margin sebesar Rp 10.000/kg.
Saluran pemasaran pendek yang paling efisien dengan nilai efisiensi 13,68%.
Strategi pemasaran yaitu diantaranya (1) Harga (price), dengan adanya 4 varian
harga, maka jangkauan konsumen dari kalangan menengah hingga kalangan atas;
(2) Tempat (place), Citra Rasa menjaga keharmonisan dengan memberikan sedikit
rezeky kepada warga sekitar dan juga melaksanakan piknik bersama warga.
Pemberian penunjuk jalan untuk memudahkan customer datang ke lokasi; (3)
Promosi (promotion), dilakukan dengan menggunakan platform media sosial online
Instagram, Facebook, Toko Pedia, Tiktok dan Whatsapp, dan juga dengan
menggunakan brosur; (4) Produk (product), menggunakan bahan premium,
menerapkan sistem first in first out dan discount sebesar 10-15%.
Kata Kunci: Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kripik
Belut
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kripik Belut |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:05 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:05 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36657 |
Actions (login required)
View Item |