ANALISIS ISI KOMUNIKASI PERSUASIF HOST PODCASTER DALAM KONTEN PODCAST “MUSUH MASYARAKAT” UNTUK MENARIK PENDENGAR

Saputra, M. Yogi (2023) ANALISIS ISI KOMUNIKASI PERSUASIF HOST PODCASTER DALAM KONTEN PODCAST “MUSUH MASYARAKAT” UNTUK MENARIK PENDENGAR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153160069_M Yogi Saputra H.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153160069_M Yogi Saputra H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_153160069_M Yogi Saputra H.pdf] Text
2. Cover_153160069_M Yogi Saputra H.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan_153160069_M Yogi Saputra H.pdf] Text
3. Lembar Pengesahan_153160069_M Yogi Saputra H.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4. Abstrak_153160069_M Yogi Saputra H.pdf] Text
4. Abstrak_153160069_M Yogi Saputra H.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153160069_M Yogi Saputra H.pdf] Text
5. Daftar Isi_153160069_M Yogi Saputra H.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153160069_M Yogi Saputra H.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153160069_M Yogi Saputra H.pdf

Download (179kB)

Abstract

Podcast “Musuh Masyarakat” selalu menduduki peringkat satu Top Podcast
di NOICE, podcast ini membahas hal-hal kontroversial dan bahkan isu-isu yang
dianggap menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan). Podcast ini
disajikan dalam bentuk diskusi antara kedua host dengan gaya yang jenaka dan
kadang disisipkan dengan dark jokes yang sering menyinggung masyarakat. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis isi komunikasi
persuasif yang dilakukan oleh host Coki dan Muslim dalam konten podcast “Musuh
Masyarakat” untuk menarik pendengar. Teori yang digunakan adalah teori
perencanaan komunikasi. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan analisis isi. Sementara objek penelitian adalah podcast Musuh
Masyarakat yang berisi persuasi. Peneliti menganalisis sebanyak 30 podcast. Hasil
penelitian ditemukan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan adalah dengan
mempertimbangkan aspek-aspek pesan sebagaimana yang diteliti dalam penelitian
ini yaitu dimensi truth, relevan, berimbang dan netral. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada unit analisis merupakan faktualitas menjelaskan terkait
dengan penilaian mana fakta yang lebih dominan dari keseluruhan audio.
Komunikasi yang dilakukan juga relevan pada aspek Magnitude yaitu isi podcast
terkait dengan peristiwa besar yang menarik untuk disajikan namun tidak baru saja
terjadi atau merupakan isu yang telah berlalu namun masih layak untuk disajikan.
Pada aspek imparsialitas sebagian besar podcast adalah dua sisi komunikasi,
mempertimbangkan sisi positif dan negatif, diberitakan secara berimbang dan tidak
secara signifikan berbeda. Pada aspek netral sebagian besar podcast adalah masuk
dalam kategori juxposition yaitu audio terdapat dua fakta yang berbeda yang
dihubungkan dan menimbulkan efek kontras sehingga menambah kesan dramatis.
Kata kunci : Analisis isi, komunikasi persuasif, podcaster

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, komunikasi persuasif, podcaster
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:58
Last Modified: 31 Jul 2023 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36656

Actions (login required)

View Item View Item