IMAGE BUILDING SEKOLAH MELALUI INSTAGRAM DI MASA PANDEMI (Deskriptif Kualitatif tentang upaya Humas dalam Membangun Citra SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui Instagram di masa pandemi)

AJI, WAHYU CRESNO (2023) IMAGE BUILDING SEKOLAH MELALUI INSTAGRAM DI MASA PANDEMI (Deskriptif Kualitatif tentang upaya Humas dalam Membangun Citra SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui Instagram di masa pandemi). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Lengkap_Wahyu Cresno Aji_153170017.pdf] Text
Skripsi Lengkap_Wahyu Cresno Aji_153170017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (1).pdf] Text
Abstrak (1).pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Cover (1).pdf] Text
Cover (1).pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (149kB)

Abstract

Pada masa pandemi seperti ini proses belajar mengajar menjadi berubah yang
semula luring menjadi daring, hal ini membuat tidak adanya kegiatan siswa di
sekolah. Akibatnya citra sekolah menjadi memudar karena menurunnya aktivitas
akademik. Media sosial diyakini dapat menjadi sarana yang ampuh dalam proses
image building untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Salah satu sekolah
yang memanfaatkan Instagram yaitu SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui
akun @smpmuhayk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya
Humas dalam membangun citra sekolah melalui Instagram di masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan teori perencanaan dan image building. Jenis penelitian
yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara
mendalam serta studi pustaka. Hasil penelitian pada tahap perencanaan Humas
SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta melakukan kordinasi dengan seluruh bidang
lain untuk membuat konten sebanyak-banyaknya guna memberikan kesan sekolah
produktif walaupun di masa pandemi. Evaluasi pada penelitian ini persepsi
followers sudah setuju bahwa akun @smpmuhayk sudah terlihat profesional serta
memiliki brand image religius, kreatif dan berprestasi tetapi masih ada beberapa
hal yang harus ditingkatkan. Faktor pendukungnya yaitu SDM kreatif dan aktif
membuat berbagai konten. sedangkan kekurangannya yaitu terbatasnya dana serta
belum meratanya keterampilan dalam membuat konten.
Kata Kunci : Image Building, Pandemi, Instagram, SMP Muhammadiyah 2
Yogyakarta

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Image Building, Pandemi, Instagram, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakart
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:26
Last Modified: 28 Jul 2023 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36624

Actions (login required)

View Item View Item