REPRESENTASI GAYA HIDUP HEDONISME DALAM VLOG ATTA HALILINTAR DI YOUTUBE

AROFAH, NURAINI ANINDA (2023) REPRESENTASI GAYA HIDUP HEDONISME DALAM VLOG ATTA HALILINTAR DI YOUTUBE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf] Text
ABSTRAK_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf] Text
DAFTAR ISI_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf] Text
HALAMAN DEPAN_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN__NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN__NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf] Text
SKRIPSI FULL_NURAINI ANINDA AROFAH_153170155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena mengenai hedonisme dalam kehidupan secara luas dalam masyarakat
seringkali terjadi tanpa disadari. Hedonisme juga secara umum bisa muncul karena
keinginan sendiri dan akibat pergaulan. Hedonisme juga berkaitan dengan
materialisme, dan konsumerisme. Gaya hidup hedonis ini dapat dilihat pada video
blog (vlog) yang dapat diunggah di media sosial, seperti Youtube. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data menggunakan teori
semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce. Fokus yang hendak
dibahas oleh peneliti adalah makna hedonisme yang muncul dalam vlog Atta
Halilintar. Sesuai dengan pembatasan masalah, analisis semiotika pada penelitian
ini dibatasi hanya pada scene-scene yang menggambarkan makna hedonisme, serta
keseluruhan unsur yang menampilkan adegan dan kalimat atau dialog yang
mengandung nilai hedonisme. Temuan dalam penelitian ini terdapat adanya
perilaku hedonisme dalam vlog Atta yang direpresentasikan sebagai orang yang
suka membeli barang-barang yang kurang penting; mengejar kenikmatan atau
kepuasan duniawi seperti memiliki rasa senang untuk mengisi waktu luang di mall,
cafe atau restoran; gemar mengoleksi sejumlah barang bermerk prestisius; dan
memiliki gaya hidup yang serba instan.
Kata kunci: Representasi, Hedonisme, Vlog

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Hedonisme, Vlog
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:13
Last Modified: 05 Jul 2023 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36327

Actions (login required)

View Item View Item