NABILA, SEKAR AYU TAZKIA (2023) PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DAN TERPAAN E-WOM TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PADA PRODUK OREO X BLACKPINK (Survei Pada Komunitas Penggemar Girlgroup Blackpink). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak Skripsi_Sekar Ayu Tazkia Nabila_153170043.pdf Download (147kB) |
|
Text
Cover Skripsi_Sekar Ayu Tazkia Nabila_153170043.pdf Download (234kB) |
|
Text
Daftar Isi_Sekar Ayu Tazkia Nabila_153170043.pdf Download (312kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Sekar Ayu Tazkia Nabila.pdf Download (422kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Sekar Ayu Tazkia Nabila_153170043.pdf Download (297kB) |
|
Text
Skripsi Lengkap_Sekar Ayu Tazkia Nabila_153170043 ujian.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh brand Oreo yang untuk pertama kalinya menggandeng bintang
kpop yaitu girlgroup Blackpink, untuk menjadi celebrity endorser Oreo. Selain menjadi celebrity
endorser, Oreo dan Blackpink juga merilis produk kolaborasi yaitu Oreo x Blackpink yang khusus
dirilis di Asia saja, dan produk tersebut akan dirilis pertama kali di negara Indonesia. Hal ini
menjadi viral dan menciptakan electronic word of mouth (E-WOM) yang masif di twitter sehingga
terjadi fenomena produk Oreo x Blackpink sold out, baik di supermarket maupun di e-commerce.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan mengukur seberapa besar
pengaruh celebrity endorser dan E-WOM terhadap impulsive buying behavior. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kredibilitas Sumber dan Teori Elaboration Likehood
Model. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak
100 responden dengan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan celebrity endorser Blackpink terhadap impulsive buying behavior dengan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,561 dan hubungannya bersifat positif. Besar pengaruh kredibilitas
celebrity endorser Blackpink terhadap impulsive buying behavior sebesar 31,4% dan sisanya
sebesar 68,6% merupakan faktor lainnya. Kemudian terdapat pengaruh signifikan E-WOM
terhadap impulsive buying behavior dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,520 dan
hubungannya bersifat positif. Besar pengaruh E-WOM terhadap impulsive buying behavior
sebesar 27% dan sisanya sebesar 73% merupakan faktor lainnya. E-WOM yang terjadi di twitter
juga menyebabkan munculnya perasaan fomo (fear of missing out) yang dialami oleh responden
sehingga responden memutuskan untuk melakukan pembelian impulsif. Variabel X1 (kredibilitas
celebrity endorser) dan X2 (terpaan E-WOM) secara bersama-sama terhadap Y (impulsive buying
behavior) memiliki hubungan yang signifikan dan searah dengan nilai hitung korelasi ganda
sebesar 0,649. Kredibilitas celebrity endorser dan terpaan E-WOM secara bersama-sama memiliki
kontribusi sebesar 42,1% dalam mempengaruhi impulsive buying behavior yang dilakukan oleh
konsumen. Sisanya sebesar 57,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Kata Kunci : Celebrity Endorser, E-WOM, Impulsive Buying Behavior, Oreo, Blackpink, Twitter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Celebrity Endorser, E-WOM, Impulsive Buying Behavior, Oreo, Blackpink, Twitter |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 02:20 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 02:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36282 |
Actions (login required)
View Item |